5 Kesalahan Dalam SEO Yang Harus Dihindari Oleh Blogger

Search engine optimization bukan mate-matika, tidak ada hitungan pasti. Tapi SEO bukan pula ilmu yang tidak bisa dipelajari, dengan mengamati pola yang ada kita bisa ketahui apa sih yang diinginkan oleh Google.

Jika masih gagal, bukan berarti Google tidak bersahabat, lebih sering karena kita yang melakukan kesalah. Nah, ini dia 5 kesalahan dalam SEO yang sebaiknya dihindari oleh Blogger.

  • Terlalu banyak mengoptimasi anchor text tertentu

Kesalahan dalam SEO yang pertama adalah terlalu fokus pada optimasi anchor text tertentu yang biasanya berupa kata kunci. Oh, masih asing dengan istilah anchor text ya? Anchor text adalah susunan kata yang dijadikan label sebuah tautan. Biasanya ditandai dengan perbedaan warna atau terkadang dengan garis bawah.

Lalu berapa kombinasi yang tepat mas? Kombinasi anchor text yang tepat disarankan menggunakan brand 80%, dengan langsung menggunakan alamat URL situs misalnya: www.trenologi.com, trenologi.com http://cms.dailysocial.id atau Trenologidotcom. Kemudian 20%-nya baru kombinasi kata kunci, itupun disarankan dengan variasi yang lebih beragam.

  • Terlalu banyak backlink menuju ke halaman utama

Kesalahan SEO yang kedua ini paling sering dilakukan oleh blogger, padahal dapat berdampak buruk terhadap rangking situs. Bahkan kemungkinan terburuk penalti dari Google. Rekomendasi yang paling baik adalah dengan menanamkan halaman yang berbeda sebagai tautan sesuai dengan niche backlink, sehingga terlihat natural.

  • Konten terlalu pendek dan tidak berkualitas

Konten yang terlalu pendek, misalnya 150 atau hanya 100 kata tentu kurang ideal. Meski tidak berpengaruh besar, namun jika hampir seluruh konten memiliki kualitas yang rendah maka cepat atau lambat rangking blog Anda akan jeblok. Coba lihat Wikipedia, selain sudah terpercaya artikelnya juga sangat detail.

  • Memilih kuantitas backlink ketimbang kualitas

Banyak memang bagus, tapi itu tidak berlaku di dunia SEO. 5 backlink dari situs terpercaya lebih baik daripada 1000 backlink dari blog-blog spam yang kontennya sembarangan apalagi mengandung konten-konten tak senonoh misalnya judi, por#n#, aplikasi bajakan dan konten-konten serupa lainnya.

  • Hanya fokus ke SEO off page dan melupakan SEO on page

Terlalu fokus ke SEO off page sangat tidak dianjurkan, karena SEO on page juga tak kalah penting. Justru perjalanan SEO haruslah dimulai dari optimasi internal blog. Setelah itu baru melancarkan teknik-teknik SEO off page, itupun dengan cara bertahap. Di artikel seri Blogger Blueprint penulis pernah membahas tentang SEO off page dan SEO on page. Anda bisa pelajari dari sana.

Tags:

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares