Sejarah Singkat YouTube

“I love you.”

“I love YouTube.”

Begitulah dampak YouTube terhadap kehidupan sosial. Sebagian orang jadi lebih suka nonton YouTube daripada mengamati aktivitas orang terdekat. Bahkan ada orang tua yang mempercayakan konten YouTube untuk menemani buah hatinya.

YouTube. Situs berbagi video gratis ini adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Sebagai salah satu pengguna Youtube, apakah sudah mengenal sejarah pendirian Youtube sampai bisa berdiri sebesar dan semegah saat ini?

Awalnya situs ini berdiri karena adanya kesulitan untuk berbagi video yang dialami oleh para founder. Mereka yang ternyata mantan karyawan di Paypal pun mendirikan situs YouTube bulan Februari 2005 silam. Mereka adalah Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pada Februari 2005. YouTube sendiri akhirnya mulai menjadi startup teknologi setelah mereka menerima investasi yang berasal dari Sequola Capital sebesar USD 11.5 juta.

Lalu video apa yang pertama kali diunggah di Youtube? Ialah sebuah video yang berjudul “Me at the zoo”, dimana video tersebut berisi salah satu founder Youtube yang sedang mengunjungi kebun binatang yang ada di San Diego, video tersebut diunggah 23 April 2005 dan sampai saat ini masih dapat dilihat.

Youtube terus berkembang, dan siapapun bisa menggunakan situs ini dengan gratis alias cuma-cuma. Karena itulah sebagian besar pengguna Youtube mengunggah video individu. Namun beberapa perusahaan media besar seperti Vevo, BBC, CBS dan lain sebagainya juga menayangkan berbagai materi harian mereka dalam situs ini dalam bentuk program kerjasama.

Nama Youtube itu sendiri punya perjalanan yang cukup panjang, sebab www.youtube.com ternyata mengundang masalah dengan situs yang memiliki nama nyaris mirip, yaitu www.utube.com. Tak main-main, pemilik situs tersebut yaitu Universal Tube & Rollform Equipment telah mengajukan tuntutan hukum yang serius terhadap YouTube di bulan November tahun 2006 silam, karena situsnya mendapatkan banjir pengunjung yang nyasar dan mencari-cari Youtube. Pada waktu itu, Universal Tube kemudian mengubah nama situs mereka menjadi www.utubeonline.com.

Hanya setahun berselang dari peluncurannya, di bulan Oktober tahun 2006, akhirnya Google Inc. memberikan pengumuman yang mencengangkan, yakni mereka telah memiliki YouTube dengan mengeluarkan uang senilai $1,65 miliar di dalam bentuk saham. Proses persetujuannya kemudian dirampungkan pada 13 November 2006. Memang Google memilih untuk tidak memberikan informasi yang terperinci mengenai biaya operasi dari YouTube dan juga berapa banyak pendapatan yang didapatkan oleh YouTube, pada tahun 2007 itu sendiri Youtube ditulis sebagai “tidak material” untuk deskripsinya dalam formulir wajib.

Youtube terus berkembang dari waktu ke waktu, hingga di bulan Juni tahun 2008, diterbitkan sebuah artikel khusus yang ada di dalam majalah Forbes, yang isiya adalah memperkirakan pendapatan YouTube sepanjang tahun 2008 silam, dan pendapatan yang sudah mencapai $200 juta jika mengamati penjualan iklan yang terjadi dalam bisnis ini. Saat itu diperkirakan pengunjung Youtube akan menghabiskan setidaknya 15 menit untuk menonton video di Youtube dalam satu hari.

Setelah Youtube terintegrasi dengan Google+ di bulan November tahun 2011, juga terintegrasi dengan penjelajah web Chrome, hal itu membuat semua video yang ada di Youtube juga bisa ditonton di Google, sehingga membuat pengguna Youtube semakin bertambah. Hal ini membuat Youtube merasa harus melakukan lebih banyak perbaikan untuk memuaskan pengguna setia mereka. Hingga untuk pertama kali sejak desain awalnya yaitu Oktober 2006, di bulan Desember 2011 akhirnya YouTube pun meluncurkan antarmuka baru yang lebih elegan walau tetap sederhana.

Tags: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares