Ant-Man: Manusia Kesemutan

Ant-Man, yang terbaca Man-Tan di mata sebagian orang yang susah move on, adalah salah satu film dalam Marvel Cinematic Universe. Bercerita tentang mantan narapidana bernama Scott Lang yang mencuri kostum Ant-Man di rumah ilmuwan bernama Hank Pym. Setelah memakainya, Scott menyusut menjadi sekecil semut.

Itulah kekuatan utama Ant-Man, mengecilkan diri dengan bantuan zat bernama Pym Particle. Partikel unik ini mampu menyusutkan orang dan objek lainnya yang terkena efeknya, serta mengembalikannya ke ukuran awal. Hebatnya lagi, pengguna Pym Particle masih memiliki kekuatan fisik mereka ketika berukuran normal, sehingga bisa memberikan pukulan yang menyakitkan dan mengangkat objek yang melebihi ukuran tubuh. Persis semut.

Hank Pym adalah pencetus teknologi penyusut tersebut. Dia jugalah yang mendesain kostum Ant-Man. Namun, sejak awal, kostum Ant-Man tidak didesain untuk nenek-nenek. Kendati nenek-nenek sering kesemutan.

Pada tahun 1989, Pym mengundurkan diri dari S.H.I.E.L.D. setelah dia menemukan fakta bahwa S.H.I.E.L.D. berusaha untuk meniru teknologi menyusut ala Ant-Man. Sebab Pym berpendapat teknologi ini berbahaya, apalagi digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab untuk perbuatan yang semena-mena.

Sampai akhirnya, putri semata wajang Pym, Hope van Dyne, dan mantan anak didiknya, Darren Cross, memaksa Pym keluar dari perusahaannya sendiri, Pym Technologies. Sementara itu, ada ancaman dari Cross yang hampir menyempurnakan setelan baju penyusut miliknya sendiri, Yellowjacket. Hal inilah yang bikin Pym ketar-ketir.

Jatuhlah pilihan Pym pada Scott Lang yang tangkas dan juga pemberani. Scott Lang dirasa cocok untuk menggunakan kostum Ant-Man dan menjadi superhero baru. Ketika proses perekrutan, Scott Lang sempat bertanya tentang kemungkinan berganti nama panggung. Sebab nama Ant-Man kurang keren. Di babak ini, dimulailah petualangan Ant-Man bersama pasukan semut yang bisa dikomando dengan teknologi buatan Pym.

Di film pertama Ant-Man yang dirilis pada 17 Juli 2017, Ant-Man diberi misi oleh Hank Pym untuk mencuri Yellowjacket milik Cross. Terdapat empat jenis semut yang menjadi rekan kerja Ant-Man dalam bertarung, yaitu Paratrechina LongicornisParaponera ClavataCamponotus Pennsylvanicus (Carpenter) dan Solenopsis Geminata. Saat beraksi mencuri Yellowjacket, Scott Lang si Ant-Man dibantu oleh semut terbang yang berasal dari jenis Camponotus. Scott Lang menamainya Anthony. Anthony punya pelana khusus supaya memudahkan Ant-Man ketika mengendarainya. Anthony merupakan semut kesayangan Scott Lang. Beberapa kali Scott Lang mengajaknya berbicara seperti hewan peliharaannya sendiri saja.

Dalam versi film, Iron Man, Hulk, Thor dan Captain Amerika yang mendirikan Avengers. Namun menurut cerita di komik, Ant-Man dan Wasp malah yang bergabung di Avengers sejak volume satu. Masih menurut cerita komik, Hank Pym adalah Ant-Man I. Jadi, Scott Lang hanyalah penerus saja.

Walaupun sudah menjadi superhero yang punya kekuatan tak manusiawi, Scott Lang tetaplah manusia. Dia ingin memberikan yang terbaik untuk Cassie, anak perempuan yang hak asuhnya dimiliki oleh mantan istri dan pasangan barunya. Ketika anak perempuannya diganggu oleh Yellowjacket, Ant-Man datang tepat waktu. Setelah itu, Ant-Man dan Yellowjacket bertarung dalam keadaan tubuh supermini dan bergumul di set kereta mainan Thomas the Tank Engine.

Ada fakta unik tentang manusia biasa dan Ant-Man. Manusia biasa kalau kelamaan jongkok, bisa kesemutan, tapi kebalikannya, Ant-Man bisa kemanusiaan. Ketika mengalami kemanusiaan, Ant-Man akan adil dan beradab. Sesuai dengan sila kedua dalam Pancasila. Selain itu, Ant-Man pernah bikin malu seorang cowok SMA yang sedang menanti pacar. Cowok itu bernama Obie Mesakh.

Tags: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares