Apa itu XLM (Stellar Lumen)?

Selama ini kita hanya mengenal Bitcoin sebagai salah satu mata uang digital yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk transaksi atau investasi. Padahal mata uang yang digunakan di dunia maya jenisnya cukup banyak. Selain Bitcoin yang banyak ditambang oleh warganet, ada XLM atau Stellar Lumen yang saat ini nilainya mulai menanjak.

Nah, untuk mengenal lebih dalam seperti apa XLM dan bagaimana sistemnya, simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Mengenal Lumen

Sebelum kita tahu lebih apa itu XLM Stellar Lumen, perlu diketahui bahwa ada sedikit “Drama” menarik dibalik perusahaan yang satu ini. Adalah seorang programmer jenius bernama Jed McCaleb bersama kekasihnya Joyce Kim yang membangun XLM dari awal, hingga dinobatkan menjadi Currency no. 6 di ranking CoinMarketCAp. Namun Jed sebelumnya meninggalkan perusahaan serupa yang dibangunnya yaitu Ripple. Alih-alih rujuk dengan petinggi dan investor perusahaan yang di bangunnya (Ripple), Jed memilih cabut setelah pertengkaran hebat dengan BOD perusahaan Ripple, ketika mereka mempertanyakan keberadaan kekasihnya Joyce Kim. Dan alhasil, lahirlah XLM.

 

Baca Juga: Tentang Ripple

Lumen adalah satuan mata uang digital seperti halnya Bitcoin. Lumen muncul sebagai aset penting dari Stellar Network. Pada tahun 2014 silam Stellar Network mengeluarkan 100 miliar Stellar (Lumen) ke dunia maya. Mata uang ini bisa didapatkan dengan mudah kala itu oleh pengguna Bitcoin atau mata uang digital lainnya.

Satu tahun setelah perilisan Lumen, Stellar Network mengalami masalah sistem yang membuat mereka rugi. Berkaca dari kesalahan ini akhirnya perusahaan ini melakukan perbaikan jaringan dan memperkuat jaringannya. Mata uang yang awalnya bernama Stellar diganti menjadi Lumen dengan kode tiga digit XLM.

Fungsi Utama dari Lumen

Stellar Network membangun mata uang digital Lumen untuk dua fungsi utama. Berikut fungsi yang akan didapatkan pemilik Lumen (XLM).

  1. Anti Spam

Setiap transaksi yang menggunakan Lumen, pengguna akan terkena biaya sebesar 0,00001 Lumen. Biaya ini digunakan untuk melindungi pengguna dari virus seperti serang DoS. Lumen bekerja sebagai token keamanan yang akan mengeliminasi setiap gangguan yang ada. Dampaknya, transaksi yang dilakukan akan berjalan lancar tanpa ada gangguan yang merugikan pengguna.

Setiap akun Stellar yang dibuka oleh pengguna harus memiliki saldo minimal 20 Lumen. Kebijakan ini diambil oleh pihak Stellar Network agar tahu mana akun yang asli dan mana akun yang abal-abal sehingga berpotensi memberikan kerugian pada pengguna yang lain. Batasan 20 Lumen ini juga mampu melancarkan arus transaksi sehingga semuanya berjalan secara realtime.

  1. Transaksi Multi-currency

Secara umum Lumen bisa digunakan untuk berbagai transaksi di dunia maya seperti pembelian barang atau pembayaran jasa. Lebih lanjut, mata uang digital ini juga berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan dua mata uang agar bisa digunakan sebagai transaksi di pasar besar.

Transaksi dengan lumen bisa dilakukan kalau ada pasar likuiditas antara Lumen dan mata uang lainnya. Jadi, selama pasarnya terbentuk, Lumen bisa digunakan sebagai pihak ketiga agar transaksi berjalan dengan lancar dan aman.

Cara Mendapatkan Lumen

Sebelum membeli Lumen Anda harus tahu beberapa hal. Lumen tidak diawasi oleh organisasi tertentu atau lembaga negara. Jadi, membeli Lumen masih berisiko mengalami penipuan atau tindakan kejahatan lainnya.

Pastikan terlebih dahulu apakah pasar atau bursa penjualan Lumen tepercaya. Kalau dari ulasan pengguna Lumen terlihat baik, Anda bisa membelinya secara langsung. Biasanya Lumen dibeli dengan melakukan transfer sejumlah uang. Selanjutnya uang yang ditransfer akan dikonversi menjadi Lumen.

Oh ya, biasanya Anda diminta untuk membuka e-wallet dari platform tempat membeli Lumen. Dengan e-wallet ini Anda bisa menerima Lumen dan juga melakukan aktivitas jual beli di bursa exchange bersama mata uang digital lainnya.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Stellar Lumen atau XLM yang bisa dijadikan alternatif digital currency selain Bitcoin. Saat ini harga dari XLM terus naik dan satu Lumen harganya hanya beberapa ribu rupiah saja. Kalau Anda tertarik untuk investasi jangka panjang, XLM bisa jadi pilihan yang terbaik.


Ingin membeli bitcoin di Indonesia? Kami dari tim ilmu.com merekomendasikan Bitcoin.co.id sebagai exchanger terkemuka untuk memulai pembelian Bitcoin pertama anda, selain mudah, dan nyaman, dan banyak pilihan pembayaran seperti Bank Transfer, Cash payment, Voucher dan e-wallet, Bitcoin Indonesia juga menawarkan banyak varian cryptocurrencies seperti, Bitcoin Cash (BCH), Bitcoin Gold (BTG), Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Stellar Lumen (XLM), Zcoin (XZC) dan lain lainnya, untuk diperjual belikan di pasar crypto currencies.

Tags: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares