Apa itu XRP (Ripple)?

Saat ini mata uang digital paling terkenal di dunia adalah Bitcoin. Meski demikian, ada mata uang digital lain yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Mata uang itu bernama Ripple atau XRP. Mata uang ini adalah alternative coin yang bisa dijadikan andalan kalau Anda ingin mencoba hal baru atau ingin melakukan permainan di bursa pertukaran uang.

Perlu diketahui bahwa Ripple di ciptakan oleh sang jenius playboy dan surferboy bernama Jed McCaleb. Namun Jed bertengkar hebat dengan petinggi perusahaan yang dirintisnya itu, dan bersama dengan kekasihnya Joyce Kim, Jed cabut dan membuat startup serupa yang baru bernama Stellar Lumen.

Untuk mengenal lebih jauh tentang crypto currency yang sudah bisa dijualbelikan di Indonesia ini, simak artikel di bawah ini.

Sekilas Tentang Ripple

Ripple pertama kali diperjualbelikan pada tahun 2012. Sejak saat itu, para pemain uang digital mulai tertarik untuk menjadikannya lahan untuk mendapatkan keuntungan. Mereka kerap mencari keuntungan singkat dari selisih harga Ripple di pasar pertukaran uang dunia yang di dalamnya ada (Stellar Lumen) (XLM) Lumen, Bitcoin, dan Etherum.

Ripple muncul menjadi mata uang digital karena ada masalah pada pengiriman uang secara manual. Selama ini pengiriman uang secara langsung kerap terhenti karena ada penundaan. Selain itu, biaya kirim juga cukup besar terlebih kalau nominal yang dikirim juga besar.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, uang yang akan dikirim dikonversi dahulu ke dalam satuan Ripple atau XRP. Selanjutnya pengiriman bisa dilakukan secara realtime dengan potongan biaya administrasinya kecil.

Keamanan Transaksi dengan Ripple

Mata uang digital memang memiliki banyak kelebihan termasuk Ripple yang merupakan crypto currency terpopuler no.2 di dunia. Namun, beberapa orang agak ragu menggunakannya karena mata uang jenis ini tidak diawasi oleh lembaga resmi. Seperti halnya Bitcoin, mata uang ini bergerak sendiri tanpa ada pengawasan dari pihak mana pun.

Nah, meski tanpa ada pengawasan, sistem dari Ripple terbilang sangat aman. Data Ledger atau buku besar yang dimiliki sistem tidak akan bisa diserang oleh hacker. Setiap transaksi akan langsung tercatat dengan jelas dan tidak bisa dimanipulasi. Semua transaksi akan tampil di komputer para pengguna XRP di seluruh dunia.

Dengan sistem keamanan yang sangat hebat, menggunakan Ripple sebagai salah satu investasi jangka panjang bukanlah sebuah kesalahan. Anda bisa membeli XRP untuk disimpan atau diperjualbelikan di pasar pertukaran uang dunia.

Manfaat Ripple

Di atas kita sudah sedikit mengulas kelebihan dari Ripple. Namun, untuk kelebihan lengkapnya simak beberapa poin di bawah ini.

  • Transaksi dengan Ripple berlangsung secara realtime dan jarang terjadi delay. Kalau pun ada delay biasanya hanya beberapa detik saja. Faktor koneksi biasanya memengaruhi transaksi yang dilakukan.
  • Biaya transfer murah seperti yang telah dikatakan sebelumnya. Mata uang ini berjenis kripto yang tidak diatur oleh organisasi mana pun. Pencipta dari Ripple pun tidak bisa melakukan intervensi.
  • Sistem keuangan dengan Ripple bisa dijangkau oleh siapa saja dan kapan saja. Selama memiliki koneksi internet yang baik, transaksi bisa dilakukan termasuk di currency exchange.
  • Ripple memiliki sistem yang terinterkoneksi. Aturan penukaran uangnya Cross-Chain Universal. Dengan sistem ini transaksi bisnis bisa jadi lebih mudah, cepat, dan paling penting dari semua adalah aman.

Cara Mendapatkan Ripple

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan Ripple. Pertama adalah dengan menggunakan pihak ketiga seperti Bitcoin.co.id. Platform ini menyediakan Ripple yang bisa Anda beli dan langsung masuk e-wallet yang Anda buka juga di sana. Setiap melakukan transfer, Anda bisa menukarkan Ripple sesuai dengan keinginan.

Cara kedua adalah melalui currency exchange. Anda bisa menukar mata yang digital lain yang dimiliki dengan Ripple. Misal Anda memiliki Bitcoin atau Lumen. Mata uang itu bisa dikonversi menjadi Ripple.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Ripple atau XRP. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.


Ingin membeli bitcoin di Indonesia? Kami dari tim ilmu.com merekomendasikan Bitcoin.co.id sebagai exchanger terkemuka untuk memulai pembelian Bitcoin pertama anda, selain mudah, dan nyaman, dan banyak pilihan pembayaran seperti Bank Transfer, Cash payment, Voucher dan e-wallet, Bitcoin Indonesia juga menawarkan banyak varian cryptocurrencies seperti, Bitcoin Cash (BCH), Bitcoin Gold (BTG), Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Stellar Lumen (XLM), Zcoin (XZC) dan lain lainnya, untuk diperjual belikan di pasar crypto currencies.

Tags: , , , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares