Berinvestasi dari Hobi

Berinvestasi melalui hobi dan benda koleksi? Kenapa tidak? Sebab di dunia ini ternyata ada berbagai macam produk-produk investasi yang tak bisa dibilang umum, tetapi memiliki kenaikan harga yang jauh lebih cepat jika kita bandingkan dengan emas dan berbagai benda investasi lainnya. Benda-benda hobi dan koleksi yang bisa memiliki harga luar biasa itu rupanya berada di sekitar kita. Bahkan bisa jadi sudah menjadi barang koleksi kita sejak masih muda. Lalu apa saja benda yang bisa dijadikan investasi tak umum ini?

Komik.

Pecinta komik pastinya sudah mengetahui hal yang satu ini, dimana komik bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Sebab banyak sekali kolektor yang akan mencari komik-komik jadul dari berbagai seri legendaris, tetapi tentu saja dalam keadaan yang masih sangat bersih dan rapi. Bahkan jauh lebih oke lagi jika yang dimiliki adalah seri pertamanya. Salah satu buktinya adalah komik Superman no.1 yang berhasil dilelang dengan harga $ 3.200.000 pada Agustus 2014 di situs eBay. Maka karena itu, simpanlah edisi komik kita sekarang, siapa tahu harganya melonjak tinggi beberapa tahun lagi.

Hot Wheels.

Pada awalnya didesain dan diproduksi untuk mainan anak lelaki saja, tetapi kemudian mainan yang satu ini justru lebih banyak digemari orang dewasa karena detailnya yang terbilang mendekati nyata. Bahkan dalam berbagai toys expo, kolektor yang datang adalah mereka yang sudah dewasa. Yang satu ini adalah salah satu alat investasi yang cukup populer walau berasal dari barang hobi. Mainan yang diproduksi oleh Mattel Inc. ini memiliki harga 30k Rupiah saja, tetapi ada beberapa seri khusus yang langka dan super langka dan harganya bisa melonjak tinggi berkali-kali lipat.

LEGO.

Sama halnya dengan Hot Wheels, mainan menyusun blok-blok mainan ini adalah salah satu benda koleksi yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bahkan menurut salah satu perusahaan investasi ternama yang ada di Inggris, yakni Hargreaves Lansdown, menyatakan bahwa dalam satu dekade ke belakang rupanya investasi LEGO akan memiliki nilai yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan investasi saham dan emas. Tetapi LEGO akan mendapatkan nilai tawaran yang paling tinggi jika dalam kondisi ‘mint’ alias belum dirakit, bahkan jauh lebih oke lagi jika belum diunboxing. Percayalah, setiap tahunnya kita bisa melihat bahwa benda koleksi yang satu ini mengalami kenaikan harga sebesar 12% di tiap tahunnya. Hal ini juga berlaku untuk LEGO bekas alias yang sudah dirakit, asalkan merupakan seri-seri yang sudah tak ada produksi ulang.

Memorabilia.

Untuk yang satu ini memang agak jarang di negeri kita, akan tetapi instrumen investasi yang satu ini justru sangat populer di luar negeri utamanya di kalangan para penggemar olahraga. Namun yang dipilih adalah jenis olahraga yang penggemarnya banyak, seperti sepak bola, basket dan juga baseball. Yang paling menyenangkan dan dijamin akan meningkatkan nilai memorabilia kita adalah jika mampu dapatkan tanda tangan atlet kenamaan yang kelak jadi legenda. Dijamin suatu saat nanti memorabilia tersebut akan dibanderol sampai seharga rumah mewah!

Mobil Klasik.

Kalau yang ini bukan hal asing lagi, sih. Sudah banyak sekali orang yang memilih kendaraan zaman old sebagai investasi mereka. Sebab ada kenikmatan tersendiri dalam merestorasinya supaya jadi semirip mungkin dengan kondisi pada mobil aslinya, terutama jika beberapa bagian onderdil orisinil dari mobil langka tersebut sudah sangat sulit ditemukan di pasaran. Ternyata menurut sebuah penelitian yang dilakukan Historic Automobile Group International (HAGI), dengan mengoleksi mobil klasik nyatanya memberikan nilai yang jauh lebih baik dan menguntungkan dibandingkan investasi lukisan, emas maupun wine.

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 shares