Blogger: Pelopor Perangkat Publikasi Blog

Sedikit informasi, bahwa pada awalnya Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang telah dibuat oleh Pyra Labs dan kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003 silam. Memang untuk umumnya semua blog dengan host Google memiliki subdomain blogspot.com, namun Blogger juga memperbolehkan penggunanya untuk tetap mempublikasikan blognya dengan menggunakan server lainnya melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Nah, setelah tanggal tersebut, lalu semua blog harus disimpan dengan menggunakan server Google saja, dan juga bisa mengkreasikan alamat situsnya berkat adanya fitur Custom URL.

Tanggal 23 Agustus 1999 silam, Blogger resmi diluncurkan oleh Pyra Labs. Blogger yang merupakan satu perangkat publikasi blog pelopor di dunia, maka Blogger inilah yang mempopulerkan blog ke seluruh dunia. Hingga bulan Februari 2003, Google lantas mengakuisisi Pyra Labs dan membuat sejumlah fitur premium Blogger (yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs) jadi layanan gratis, hingga Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams pun mengundurkan diri dari Google.

Hingga Picasa pun dibeli oleh Google di tahun 2004, jadi setelah diitegrasikan dengan Blogger akhirnya pengguna Picasa dapat mengunggah foto koleksi mereka ke situs blog masing-masing dengan mudah. Kemudian tanggal 9 Mei 2004, ada perubahan besar yang dikenalkan oleh Blogger, misalnya menambahkan fitur seperti template yang memenuhi standar web, lalu menambahkan halaman arsip individual untuk postingan dan komentar yang terpisah, juga ada fitur posting melalui email. Lebih lengkap.

Ada versi terbaru dalam tahap beta pada 14 Agustus 2006, dengan nama kode “Invader”. Jadi melalui versi terbaru ini kemudian memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan juga sekaligus menambahkan beberapa fitur baru. Hingga keluar dari tahap beta di Desember 2006, dan Mei 2007, akhirnya Blogger pun selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server milik Google. Dengan adanya migrasi tersebut layanan mereka diklaim lebih stabil, karena kualitas server Google sudah lebih baik daripada sebelum-sebelumnya. Seiring dengan migrasi server ini, banyak juga fitur baru yang dikenalkan, dari mulai penataan layout template, izin pembacaan blog pribadi, manajemen label dan masih banyak lainnya.

Setiap tahunnya Blogger memperbaharui situsnya dan menambah berbagai template baru untuk menyesuaikan dengan selera pengguna dan pada tahun 2013, ada upgrade fitur komentar dan diintegrasikan dengan google+ sehingga lebih praktis dan bisa men-tag beberapa teman sekaligus.

Tak hanya sampai disitu, Blogger juga mendukung layanan Google AdSense sebagai sebuah cara yang menjanjikan bagi para pemilik blog supaya bisa mendapatkan penghasilan dari blog mereka. Sudah tentu ada seleksi yang lumayan ketat sebelum sebuah blog memiliki akun Google Adsense yang terverifikasi. Kemudian ada layanan Google Adwords yang bisa dimanfaatkan sebagai sebuah cara yang sistematis untuk mempromosikan blog baru, serta memungkinkan sebuah blog dengan multi pengarang, sehingga pengguna bisa membuat sebuah blog untuk diisi oleh beberapa orang admin.

Sekarang Blogger semakin membebaskan penggunanya untuk melakukan custom tampilan blog mereka sesuai dengan keinginan, dengan menawarkan fitur pengubahan template yang memperbolehkan pengguna Blogger mengubah desain template blog sesuai selera masing-masing. Hal ini tentu sangat menyenangkan, terutama bagi para pengguna yang memiliki kemampuan dalam pemrograman atau juga memiliki pemahaman kode CSS. Maka, adanya fitur ini sangat berguna sebab bisa memungkinkan mereka untuk merancang desain blog miliknya sendiri, misalnya saja dengan menambahkan sejumlah menu, atau menambah beberapa kolom tambahan. Blog pun bisa dihubungkan langsung dengan Google+ dan bisa berbagi langsung dengan mereka tanpa repot.

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares