Bonanno Family

Bonanno Family adalah salah satu dari Five Family yang menguasai gurita kriminal di Amerika Serikat, dan dalam fenomena kriminal nasional yang dikenal sebagai Mafia Amerika (atau dikenal juga sebagai Cosa Nostra). Asal-usul dari keluarga kejahatan Bonanno itu sendiri dapat ditelusuri kembali ke kota Castellammare del Golfo yang lokasinya ada di Provinsi Trapani, Sisilia. Bonanno Mafia awalnya dipimpin oleh bos Giuseppe “Peppe” Bonanno dan ada juga kakaknya Stefano yang berperan sebagai seorang penasihat. Sementara itu sekutu terkuat yang membantu klan Bonanno adalah bos dari klan Magaddino Mafia, yakni Stefano Magaddino. Pada masa-masa di tahun 1900-an, Bonanno Family ini bersama dengan Magaddino memiliki hubungan yang tak bagus dengan Felice Buccellato, yakni bos klan Mafia Buccellato.

Stefano Bonanno dan Giuseppe Bonanno akhirnya tewas, kemudian adik laki-laki mereka yang bernama Salvatore memutuskan untuk membalaskan dendam kakak-kakaknya dengan membunuh anggota klan Buccellato. Kemudian pada tahun 1903, akhirnya Salvatore Bonanno ini menikahi gadis yang ia cintai yaitu Catherine Bonventre, tanggal 18 Januari 1905 kemudian melahirkan Giuseppe. Setelah sang anak berusia tiga tahun, Salvatore Bonanno memutuskan untuk membawa keluarganya ke New York City. Sementara mafia Bonanno-Magaddino-Bonventre diambil-alih oleh Stefano Magaddino. Walau terpisah, Salvatore Bonanno tetap bekerja sama dengan anggota klan Bonanno-Magaddino-Bonventre untuk membangun kontrol dan dominasi di komunitas Castellammarese yang ada di Williamsburg, Brooklyn. Pada saat beroperasi di Brooklyn itulah para pemimpin Castellammar mampu mempertahankan organsisasi kriminal itu tetap solid dan mampu bertahan di masa depan.

Kemudian pada tahun 1911, Salvatore Bonanno memutuskan untuk kembali ke Sisilia dan menetap sampai akhirnya meninggal karena serangan jantung pada tahun 1915. Setelah sang sekutu wafat, akhirnya Stefano Magaddino berpindah ke New York dan kemudian menjadi anggota kuat klan Castellammarese. Hanya saja ia sempat melarikan diri ke Buffalo tahun 1921 demi menghindari tuduhan pembunuhan. Klan Castellammarese lalu diambil alih oleh Nicolo Schirò dan inilah cikal bakal dari Bonanno Family.

Setidaknya selama 30 tahun keluarga tersebut menjadi salah satu keluarga yang paling kuat di negara Amerika. Mendapatkan nama setelah diketuai oleh Joseph Bonanno, awal 1960-an Bonanno berusaha untuk dapatkan jabatan bos dari semua bos, hanya saja ia gagal dan akhirnya terpaksa pensiun.

Inilah masa-masa keterpurukan Bonanno Family, dan terjadi hampir selama seperempat abad lamanya. Bahkan keluarga ini menjadi yang pertama dikeluarkan dari komisi (semacam dewan bos yang memiliki wewenang untuk membantu ketertiban di dunia mafia). Karena pertikaian dalam perebutan ‘mantel bos’ ditambah dengan tuduhan bahwa keluarga tersebut menguasai heroin, juga adanya seorang agen FBI bernama Donnie Brasco yang menyusup ke dalam keluarga, membuktikan bahwa keluarga tersebut sudah kecolongan. Keluarga Bonanno pun makin kacau saat bos akting Carmine Galante dibunuh atas perintah Philip Rastelli, yang merupakan bos sebenarnya pada tahun 1979.

Hingga angin segar menerpa keluarga Bonanno di tahun 90an. Saat itu mereka sedang berada di bawah kepemimpinan Joseph Massino, akhirnya di akhir tahun 90an mereka berhasil masuk kembali ke dalam Komisi, juga berhasil menjadi keluarga yang paling kuat di seantero New York. Hanya saja pada awal-awal 2000an, terjadi perubahan yang tak disangka-sangka saat Massino justru menjadi informan untuk pemerintah, lebih tepatnya di tahun 2004. Kemudian di tahun 2017 FBI menyatakan bahwa ada seorang informan polisi yang menyamar, berhasil menjadi anggota mafia tersebut sepenuhnya. Ialah Joseph D. Pistone yang juga merupakan agen FBI yang menyusup kurang lebih 35 tahun yang lalu.

Tags: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares