Cara Membuat System Restore Point di Windows 10

System Restore Point diibaratkan sebagai asuransi yang menjamin pengaturan komputer kembali normal seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun tidak semua kerusakan sistem bisa diperbaiki dengan System Restore Point. Tetapi, ketersediaannya memberi setidaknya satu solusi paling mudah dan singkat.

  • Untuk membuat restore point, pertama silahakan buka System Properties melalui File Explorer, klik kanan pada folder This PC kemudian klik System Protection. Anda juga bisa mengetikkan system protection langsung di kolom pencarian Cortana.

  • Selanjutnya klik menu Create dan beri nama restore point yang Anda buat, lalu klik tombol Create.

  • Tunggu beberapa menit sampai sistem selesai membuatkan restore point untuk komputer Anda.

  • Selesai, restore point sudah dibuat dan Anda sekarang bisa sedikit lebih santai jika suatu hari komputer bermasalah.

Beberapa Hal Tentang System Restore Point yang Perlu Diketahui

Tadi di awal saya sudah sempat singgung soal kegunaan system restore point. Tapi, selain manfaat yang perlu diketahui, ada beberapa hal lain yang juga tak kalah penting.

  • System Restore point tidak bisa memasang kembali aplikasi yang sudah dipasang, walaupun tanggal restore-nya jauh ke belakang.
  • System Restore Point juga hanya membuat backup sistem meliputi registry dan pengaturan komputer, bukan data personal. Jadi, dokumen maupun foto tidak akan terkena dampaknya.
  • Secara default, System Restore Point akan dibuat secara otomatis oleh sistem komputer. Tapi, untuk fleksibilitas sistem juga memungkinkan pengguna membuatnya secara manual seperti yang baru saja kita lakukan.
Tags: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares