Chrisye: Legenda Pop Indonesia

Siapa yang tak mengenal legenda musik Indonesia yang satu ini. Jauh sebelum Afgan, Vidi Aldiano dan Tulus menguasai tangga lagu penyanyi solo pria, Chrisye sudah memulai karir dan menelurkan karya-karya yang tetap bertahan sampai saat ini. Lelaki berkepribadian tenang ini dilahirkan di Jakarta, pada tanggal 16 September 1949 silam. Ia merintis karier musiknya pada tahun 1968, yakni saat ia bergabung sebagai pemegang bass dalam formasi Sabda Nada.

 

Kemudian pada tahun 1968 hingga 1969 Chrisye tergabung dalam Gipsy Band, bersama-sama dengan  Zulham Nasution, Gauri Nasution, Keenan Nasution, Onan dan juga Tami. Ada prestasi yang ditorehkan band ini selama karir bermusik mereka, jadi bersama dengan Gipsy inilah Chrisye yang bukan cuma menjadi bassist melainkan jadi vokalis juga, tercatat pernah menjadi salah satu band penghibur di sebuah restoran Indonesia di Amerika Serikat, lebih tepatnya di New York. Hanya saja bandnya tak mampu bertahan lama untuk manggung di sana. Kemudian tahun 1970, masih manggung bersama Gipsy Band pula, sosok Chrisye juga pernah unjuk gigi di TIM Jakarta yang saat itu juga menghadirkan bintang tamu almarhum Mus Mualim.

 

Setelah melanglang buana bersama dengan Gipsy Band, akhirnya Chrisye memulai karir tunggalnya sekitar tahun 1977. Keputusannya untuk bersolo karir memberikan keberuntungan dalam hidupnya. Ia juga langsung mendapatkan popularitas dan namanya terkenal sebagai seorang vokalis andal saat ia menyanyikan sebuah mahakarya dari James F. Sundah dengan judul Lilin-lilin Kecil.

 

Bahkan hebatnya lagi, di saat yang sama Chrisye juga memenangkan ajang “Lomba Karya Cipta Lagu Remaja Prambors” (LCLR) yang waktu itu menjadi salah satu ajang pencarian bakat yang bergengsi. Hal yang lebih membanggakan bagi Chrisye sepanjang karirnya, sepanjang kurun era 1980an sampai di awal tahun 2000an, ternyata nama Chrisye juga tak pernah tenggelam sekalipun banyak penyanyi baru yang bermunculan. Chrisye memiliki suara khas yang membuat semua album yang telah ia rilis senantiasa mendapatkan sambutan yang sangat baik dari pecinta musik Indonesia.

 

Bukan hanya albumnya saja yang digemari pecinta musik dalam negeri, Chrisye juga mendapatkan banyak sekali penghargaan. Bukan cuma penghargaan dalam negeri, namun juga Chrisye berhasil menyabet beragam macam pencapaian internasional. Misalnya seperti menjuarai ajang Enka Song Festival yang pernah diadakan oleh Fuji T.V., Tokyo, Jepang. Dalam kesempatan itu ia juga mendapatkan prestasi dengan menjadi Video Klip Pertama Indonesia yang telah ditayangkan dalam MTV Hong Kong, yakni klip “Pergilah Kasih” .

 

Setidaknya lima album solo (dari total 18 album solo) yang telah dirilis Chrisye tercatat berhasil mendapatkan penghargaan musik yang paling bergengsi di tanah air, ajang bergengsi yang diadakan oleh perusahaan pita kaset kosong kenamaan, yakni HDX dan BASF. Album yang mendapatkan penghargaan adalah Aku Cinta Dia, Hip Hip Hura, Kisah Cintaku dan Pergilah Kasih. Kemudian ada juga tembang yang diciptakan oleh Chrisye yang berjudul Lagu Cinta, dan dibawakan oleh Vina Panduwinata juga berhasil mendapat penghargaan sebagai lagu terbaik oleh BASF. Sebuah prestasi yang luar biasa!

 

Seperti halnya yang telah disebutkan di atas, sebagai penyanyi pop yang sukses dan menyabet berbagai penghargaan, Chrisye juga menulis lagu untuk beberapa penyanyi terkenal lainnya, setidaknya lebih dari 80 buah lagu yang telah diciptakan olah Chrisye. Saking banyaknya, dan jangka waktunya juga sudah terlalu lama, Chrisye sampai tak mampu mengingatnya. Tetapi yang jelas, lagu-lagu indah yang ia ciptakan menjadi semakin hits karena dibawakan penyanyi kenamaan yang juga legendaris lainnya, misalnya Vina Panduwinata, Andi M. Matalatta, Tika Bisono, dan Utha Likumahua.

 

Tak hanya pandai menyanyi, dan prestasi bermusiknya yang menunjukkan bakat luar biasanya dalam dunia tarik suara, rupanya Chrisye juga memiliki talenta lainnya, rupa-rupanya ia pernah ikut bermain dalam beberapa film layar lebar yang terkenal, misalnya seperti “Seindah Rembulan” (tahun 1981) dan juga pernah menjadi bintang tamu di “Gita Cinta dari SMA” (tahun 1981).

 

Dari pernikahannya tahun 1982 dengan G. F Damayanti Noor, Chrisye dikarunia empat orang anak, yakni Rizkia Nurannisa (panggilannya Anissa), Risti Nurraisa (panggilannya Risty) dan sepasang anak lelaki kembar Rainda Prashatya (Pasha) dan Randa Pramasya (Masha).

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares