Harga Diri Seorang Mafia

Walaupun terkenal sebagai kelompok pelaku aksi kriminal, tetapi kelompok gangster terkenal dari negara-negara besar ini rupanya memiliki sisi patriotik yang cukup mengagumkan. Memiliki budaya malu dan juga jiwa kesatria menjadi harga diri bagi para anggota mafia yang mampu menghalalkan segala cara demi tujuan mereka ini. Harga diri menjadi pegangan para anggota, apalagi menyangkut nama kelompok mereka.
Yang pertama adalah Triad, yang diketahui sebagai kelompok Mafia dari Tiongkok dan sudah menyebar kemana-mana. Jadi pada tahun 1760 dulu di Tiongkok berdiri sebuah komunitas yang dinamai Tian Di Hui atau komunitas bumi dan langit. Memang pada awalnya komunitas ini menjadi salah satu gerakan bawah tanah yang besar untuk menggulingkan pemerintahan Man-Chu dan juga memiliki bercita-cita untuk mengembalikan kejayaan dari pemerintahan HAN.

Kemudian setelah menyebar kemana-mana, lantas komunitas yang satu ini pun jadi berevolusi sebagai komunitas “Sanhehui”, artinya kurang lebih 3 masyarakat harmonis antara manusia, bumi dan langit. Jadi organisasi ini kemudian menggunakan segitiga sebagai identitas pengenal diantara sesama anggotanya. Asal usul nama Triad ini ternyata diberikan oleh pemerintahan kolonial Inggris. Yang unik dari organisasi ini adalah mereka begitu memegang erat kode etik jiwa yang kesatria dan juga menjunjung tinggi kehormatan. Bahkan dari ke-36 pasal janji yang harus dipatuhi oleh seorang anggota “Sanhehui”, maka kita bisa lihat jika semuanya adalah sebuah sumpah hidup mati orang yang terhormat dan juga memiliki jiwa kesatria yang total.

Selain Triad, rupanya hampir semua kelompok mafia di muka bumi ini juga sama-sama memiliki kode etik yang sama, yakni menjunjung tinggi kehormatan sebagai lelaki dan juga jiwa kesatria yang mengedepankan loyalitas, serta kebersamaan. Cerita menarik yang bisa kita saksikan adalah hasil karya sutradara film Francesco Sbano, yang telah berhasil membuat sebuah film dokumenter sangat kontroversial mengenai Mafia Calabrian yang berjudul “Uomini d’ Onore” atau terjemahannya adalah manusia-manusia terhormat. Ucapkan terima kasih pada Francesco Sbano yang telah melakukan riset mendalam dan juga sudah sangat sabar untuk perlahan-lahan berhasil masuk ke dalam organisasi mafia yang disebut ‘Onorata Societa’ (organisasi terhormat) dan dapatkan banyak informasi. D ari film dokumenter ini kemudian terungkap begitu banyak cerita mengenai kode etik yang dipegang oleh para mafia. Salah satu kode etik dari kelompok mafia yang satu ini dan sangat terkenal adalah ‘Omerta’, terjemahannya kurang lebih adalah konspirasi berdiam diri. Jadi, pada saat salah satu anggota telah tertangkap, maka haram hukumnya bagi mereka untuk ‘bernyanyi’ dan membuat rahasia anggota yang lain terbongkar. Omerta menjadi budaya loyalitas yang terus bertahan sampai saat ini, tidak ada excuse bagi mereka untuk berkhianat pada sesama teman dalam satu kelompok mereka.

Terakhir Yakuza, ternyata kelompok mafia besar yang ada di Jepang ini juga memiliki kode etik yang sangatlah mirip. Di dalam tradisi Yakuza sudah dikenal sebutan ‘machi-yakko’ atau penjahat kesatria, dan sudah dilaksanakan sejak zaman dahulu kala. Jadi di dalam ‘machi-yakko’ , sejumlah nilai kode etik yang dimiliki seorang samurai tercantum dengan lengkap, di antaranya adalah memiliki loyalitas, juga memiliki kehormatan, dalam jiwanya terdapat keberanian, serta ada tanggung jawab dan juga kegigihan. Sebuah ritual yang masih tetap dipegang sampai saat ini, sebagai wujud nyata dari nilai tanggung jawab dan budaya malu tak lain adalah ritual bunuh diri atau seppuku. Seppuku itu sendiri adalah sebuah bagian dalam kode etik Bushido yang dimiliki oleh para Samurai. Selain itu budaya malu juga merupakan alasan terbesar dimana para politikus dan pemimpin besar memutuskan untuk mundur. Apalagi jika mereka sudah merasa bersalah, atau merasa tak mampu melakukan kewajiban mereka , budaya malu ini membuat mereka melakukan tanggung jawab terakhir setelah merasa tak mampu, yakni mengakui ketidakmampuan mereka.

Tags: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares