Iqbaal: Dari Trapani Laskar Pelangi Sampai Menjadi Dilan

Sepertinya nama Iqbaal tak akan lepas dari kontroversi, sejak masih bergabung dalam boyband remaja Coboy Junior sampai dirinya yang didaulat untuk memerakan tokoh Dilan, Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan yang lahir di Surabaya, 28 Desember 1999 silam ini tak pernah sepi sebagai tema percakapan. Iqbaal adalah salah satu entertainer Indonesia yang dari awal kemunculannya di televisi sebagai penyanyi group sudah terlihat berkilau sinarnya.

Wajah yang imut-imut dan Indonesia banget, ditambah tubuh yang tinggi dan suara yang bikin anak ABG meleleh, membuat Iqbaal lebih mencolok dibanding ketiga anggota Coboy Junior lainnya. Boyband yang ia gawangi tersebut bisa dikatakan sebagai pelopor boyband era baru di Indonesia. Sejak kemunculan grup Coboy Junior, boyband pun makin menjamur walaupun tak semuanya mampu bertahan lama dengan para pecinta setia. Coboy Junior akhirnya berubah nama menjadi CJR pada 23 Februari 2014 karena salah satu anggotanya yaitu Bastian memutuskan untuk keluar grup.

Iqbaalh tidak hanya berkarya bersama CJR dan Project Jr. 8 (adik projek CJR) saja, namun ia juga menghasilkan dua mini album yang didedikasikan untuk SoniQ yang merupakan singkatan dari Sobatnya Iqbaal—sebutan untuk fansnya, yaitu Songs For SoniQ I (2013) dan Songs For SoniQ II (2014). Selain itu, Iqbaal juga menggarap Songs For SoniQ 2015.

Saat terpilih menjadi Dilan versi layar lebar, banyak yang meragukan kemampuan akting remaja yang satu ini, terutama karena ia dikenal masyarakat sebagai penyanyi. Padahal pada awal kariernya ia berakting dalam Musikal Laskar Pelangi, dan mengambil peran sebagai Trapani (2010-2011). Berawal dari pertunjukan tersebut hingga akhirnya ia bertemu dengan produser yang membawahi Coboy Junior, bersama dengan beberapa talent lainnya. Selain itu, Iqbaal juga pernah mendapatkan peran layar lebar dalam film 5Elang dan berperan sebagai Rusdi Badruddin pada tahun 2011, ia juga sempat memiliki single yang berjudul Terima Kasih. Setelah itu, Iqbaal kemudian resmi menjadi anggota grup vocal Coboy Junior yang terbentuk 23 Juli 2011 resminya.

Kariernya sebagai penyanyi group tak cuma sebatas menyanyi saja, tapi bersama Kiki, Aldi, dan Bastian dalam Coboy Junior mereka bermain peran adalam drama seri Hanya Kamu yang digandrungi ABD. Kemudian di tahun 2013, perjalanan karier keempat remaja ini pun diangkat ke layar lebar dengan judul Coboy Junior The Movie.

Iqbaal yang memiliki kesan pendiam dan cool ini mampu membius jutaan ABG perempuan yang menjadi followernya, ia cukup populer mengingat followernya dalam medsos sampai jutaan orang. Saat masih aktif bersama CJR, Iqbaal ini dikenal sebagai entertainer yang banyak melakukan hal positif, misalnya saja ajang menyanyi yang ia adakan untuk para SoniQ, misalnya saja SoniQ Saving, SoniQGoBetter dan juga SoniQSoldiers.

Hanya menyanyi dan akting? Jangan salah, Iqbaal ini rupanya atlet taekwondo yang lumayan berprestasi lho! Ia bahkan sudah mengantongi 7 medali emas dan juga 1 medali perunggu yang didapatkan dari beberapa kejuaraan. Tak hanya lebih berkilau di grup vokalnya, Iqbaal ini juga diakui memiliki otak yang encer di bidang akademik, gurunya mengakui bahwa ia adalah anak yang aktif dan juga berprestasi. Hal itu dibuktikan dengan keaktifannya mengikuti berbagai program sekolah dan juga berhasil memenangkan beberapa perlombaan yang berhubungan dengan akademik. Bahkan sekarang Iqbaal pun melanjutkan studinya ke Amerika Serikat dan memutuskan vakum dari CJR, sekarang ia menuntut ilmu di Armand Hammer United World College dan termasuk mahasiswa yang aktif. Paket lengkap, ya! Sudah tampan, suaranya bagus, sosialnya oke, pandai pula!

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

32 shares