Jagoan Muda di Star Wars Generasi Baru

Star Wars dibagi menjadi beberapa trilogi. Pertama, trilogi asli dari episode IV sampai episode VI. Setelah itu dibuat trilogi prekuel dari episode I sampai episode III. Nah, di tahun 2015 rilislah trilogi baru Star Wars yang dimulai dari episode VII: The Force Awakens yang disutradari J. J. Abrams. Kisah cerita The Force Awakens terjadi sekitar 30 tahun setelah peristiwa di dalam film Return of the Jedi  (1983).

Fun fact, di The Force Awakens, ada sekelebat penampilan trio aktor laga andalan Indonesia, yakni Iko Uwais, Yayan ‘Mad Dog’ Ruhian dan Cecep Arif Rahman. Ketiganya adalah bintang di film seri The Raid arahan Gareth Evans. Di jagat galaksi nun jauh di sana, Yayan berperan sebagai Tasu Leech yang kebagian jatah dialog ketika debat dengan Han Solo perihal utang-piutang. Adegan di Star Wars yang membanggakan Indonesia! Sayangnya, di Star Wars Episode VIII: The Last Jedi, ketiga aktor jago silat itu tidak muncul lagi. Malah mucul di film lain, yakni Beyond Skyline.

Di trilogi baru Star Wars, musuh para pemberontak adalah First Order dengan maskot hitam bernama Kylo Ren, cucu dari Darth Vader. Dari segi fashion, Kylo Ren memang berdandan seperti Darth Vader wannabe, pakai baju serba gelap dan topeng misterius segala. Tapi Kylo Ren muda tetap masih belum seseram Darth Vader tentunya. Sosok Kylo Ren terlahir karena bisikan setan bernama Supreme Leader Snoke.

Di saat penjahat sedang jaya-jayanya, jagoan lama kita, Luke Skywalker, malah menghilang entah kemana. Padahal galaksi sedang membutuhkan uluran tangan sang Jedi. Untungnya, di saat jagoan lama kabur, musuh baru datang, ada karakter baru juga yang lahir, di antaranya:

 

Rey

Seorang pemulung yang hidup sebatang kara di planet bernama Jakku. Dalam kesepian, Rey tetap bersabar menunggu kepulangan orang tuanya yang entah kapan. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, Rey memungut barang rongsokan untuk dijual dan ditukar dengan porsi makanan ke penadah. Kisah hidup Rey berubah ketika bertemu dengan droid yang membawa peta menuju tempat pengasingan Luke Skywalker. Familiar dengan kisah hidup Rey? Ya, mirip dengan Luke Skywalker muda.

Masih misteri tentang asal-usul Rey. Siapa orang tuanya juga masih belum diketahui. Uniknya, Rey bisa menggunakan Force layaknya keturunan Skywalker. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Force memang bisa dipelajari oleh scavanger biasa yang tidak memiliki darah Skywalker. Mungkin inilah pesan yang ingin disampaikan oleh Star Wars Generasi Baru: “semua bisa menjadi Jedi.”

 

Poe Dameron

Seorang pilot X-Wing handal yang mengabdi kepada Aliansi Pemberontak. Kelihaiannya dalam mengemudikan pesawat tempur, mengingatkan kepada karakter Han Solo si pilot jempolan. Adalah Poe yang menyisipkan ke dalam droid-nya, kepingan terakhir peta untuk menemukan Luke Skywalker.

 

BB-8

Droid model terbaru milik Poe Dameron. Tampilannya lebih keren dan lebih canggih daripada droid lama macam R2-D2 di Star Wars generasi lama. Bentukannya yang mirip bola menjadikannya lincah bergulir kesana-kemari.

 

Finn

Awalnya, Finn adalah seorang stromtrooper yang ditugaskan menyerang Jakku. Namun, ada gejolak dalam dirinya yang menolak untuk menyakiti pihak yang lemah. Dari situlah, dia menyeberang ke jalan cahaya. Nama Finn sendiri dibuat-buat oleh Poe Dameron yang diambil dari nama terdaftarnya sebagai stromtrooper, yakni FN-2187.

 

Nah, itulah jagoan baru yang berasal dari berbagai profesi. Gadis pemulung, mantan prajurit musuh berkulit gelap, pilot arogan, seakan menegaskan bahwa semua orang bisa menjadi pahlawan asal mau mendengar isi hatinya yang terdalam.

Tags: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 share