Kapal Bajak Laut Bernama Tokopedia

Siapa tak kenal Tokopedia? Baru-baru ini Tokopedia berhasil meraih investasi USD 1,1 miliar atau kurang lebih sekitar Rp 14 triliun dari Alibaba, sebuah raksasa e-commerce asal China milik Jack Ma. Tokopedia kini sudah jadi unicorn, yakni sebuah startup dengan valuasi USD 1 miliar atau lebih, hal itu tentunya tidak diraih dalam waktu singkat. Ada perjuangan yang berdarah-darah di balik kesuksesannya saat ini.

Berawal dari pengalaman hidup salah satu pendirinya yakni William Tanuwijaya yang dulu sempat bekerja di forum jual beli. Dia mendengar banyak keluhan pengguna yang mengalami penipuan saat transaksi. Maka karena itulah pria kelahiran Pematang Siantar ini memutuskan untuk mendirikan tempat terpercaya untuk jual beli online bersama dengan rekannya yakni Leontinus Alpha Edision.

Walaupun dipandang sebelah mata karena tak memiliki latar belakang bisnis apapun, namun William tetap saja nekat dan pada pada 6 Februari 2009, bersama Leon, mendirikan Tokopedia. Kemudian pada 17 Agustus 2009, akhirnya e-commerce itu resmi diluncurkan.

William yang lulusan Binus mengaku saat kuliah pun dia lebih sering nongkrong di warnet daripada di kampus, datang ke kampus pun saat ujian saja. Dengan nol pengalaman bangun bisnis dan track record yang kosong, dia tetap maju dan akhirnya di bulan pertama berdirinya Tokopedia, tercatat sebanyak 509 merchants dengan sebanyak 4.560 member yang tertarik menggunakan Tokopedia. Bahkan jumlah transaksi yang dibukukan hanya Rp 33 juta saja.

Setelah setahun berdiri, perkembangan signifikan akhirnya terlihat, sebanyak 4.659 merchant dengan 44.785 anggota berhasil digandeng. Kemudian transaksi yang ditorehkan mencapai 5,954 miliar Rupiah. Hebatnya lagi angka tersebut terus menerus bertambah sampai saat ini. Bahkan di awal 2017 silam, sebanyak lebih dari 40 juta produk dengan sebanyak 12 juta lebih pengguna dimiliki oleh Tokopedia. Untuk total transaksinya sampai tembus lebih dari Rp 1 triliun per bulannya! Luar biasa!

Awalnya William mengaku sangat sulit dapatkan suntikan dana, tetapi berkat pencapaian gemilan Tokopedia, akhirnya investor pun datang sendiri. Misalnya East Venture, CyberAgent Ventur dan juga Softbank. Softbank ini pernah mengucurkan dana besar di Tokopedia, lho! Kala itu SoftBank mengguyur sebanyak USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun (tahun 2014 saat kurs USD 1 = Rp 12.000) Tokopedia makin melesat setelah dapatkan guyuran modal, bahkan sekarang diguyur lagi oleh Alibaba dalam jumlah yang sangat besar!

Keberhasilan Tokopedia tidak lepas dari semangat serta kerja keras William dan Leon, serta tentu saja para karyawan Tokopedia yang disebut dengan Nakama. Mengingatkan kita dengan manga One Piece di mana Monkey D. Luffy sebagai kapten memanggil kru bajak lautnya dengan sebutan Nakama. Apakah ini artinya William menganggap Tokopedia sebagai kapal bajak lautnya dengan misi mengarungi lautan internet untuk menemukan harta karun terpendam? Kalau begitu, seru sekali ya punya startup. Sudah seperti punya kru bajak laut sendiri.

William memberikan sebuah pesan yang berharga untuk seluruh tim, yakni jangan takut dan tak boleh mudah menyerah. Pantang hukumnya untuk menyerah dan kalah sebelum sukses! William menggunakan nasehat Bung Karno untuk filosofi hidupnya, yakni “Bermimpilah setinggi langit sehingga kalau jatuh masih di antara bintang-bintang”. Karena itulah sampai saat ini, berkat kegigihan dan kerja kerasnya selama beberapa tahun belakangan, Tokopedia berhasil berjaya menjadi e-commerce pertama yang ada di Indonesia.

Jangan takut gagal saat melakukan sesuatu, karena selalu ada kesempatan kedua yang bisa kita lakukan di kemudian hari. Jika gagal hari ini, cobalah lagi besok dan begitu seterusnya sampai berhasil. William juga menuturkan bahwa internet di era modern ini telah mengubah hidupnya dan juga mengubah hidup dari jutaan masyarakat Indonesia.

Nah, Anda siap mengubah hidup dengan internet yang sudah lama dalam genggaman?

Tags: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 shares