Kim Jong Un si Super Boros

Kim Jong Un terkenal sebagai pemimpin yang boros. Dia sangat glamour dan tak segan-segan membelanjakan uang negara hanya untuk kepuasan pribadi. Semua barang dari brand kenamaan bisa dia gondol dengan satu kali tunjuk saja. Tetapi kemewahannya itu tak membawa dampak baik bagi bangsanya. Kemewahan yang memanjakan sang pemimpin, tak dirasakan barang setetes pun oleh masyarakat Korea Utara.

 

Laporan awal tahun 2017 bahkan menunjukkan bahwa Korea Utara sedang dilanda kekeringan yang paling parah dalam satu abad terakhir. Potensi kekurangan pangan di pelupuk mata, tapi Kim Jong Un memilih untuk cuek-bebek dan tetap pada hidupnya yang hedon.

Walau terang-terangan mempraktikkan pemborosan, tak ada yang berani menentang kesemena-menaan yang dilakukan oleh Kim Jong Un. Ingat kembali ke peraturan tak tertulis di Korea Utara: salah bicara sedikit, nyawa bisa melayang.

 

Beberapa kelakuan unik-tapi-ngeselin-dan-boros yang pernah dilakukan Kim Jong Un terekam jelas di dunia maya. Berikut adalah beberapa pemborosan paling menggemparkan yang pernah dilakukan oleh pria dengan model rambut nyentrik ini:

 

  1. Bikin Bioskop Kapasitas 1000 Orang

Entah apa yang ada dalam benak Kim Jong Un saat memutuskan untuk membangun bioskop pribadi di kediamannya. Tak main-main, bioskop pribadi dengan kualitas bintang lima itu bisa menampung sampai 1000 orang! Bahkan dia punya petugas pembuat popcorn sendiri yang bekerja dengan sangat teliti dan hati-hati. Maklum, sebiji saja berondong jagung itu tercecer ke lantai, tamatlah pekerjaannya (dan bisa-bisa nyawanya juga).

 

  1. Koleksi Piano Lebih dari Selusin

Kurang ‘oppa idaman’ apa lagi Kim Jong Un ini? Berkuasa, berpengaruh besar, dibalut pakaian mewah dan juga suka main musik. Walau tak ada yang tahu persis sehandal apa diktator yang usianya baru 30 tahunan ini saat memainkan piano. Apakah lebih bagus dari pianis talkshow Hitam Putih? Tetapi Kim Jong Un serius sekali dalam mengumpulkan koleksi piano di kediamannya. Setidaknya dia punya sebanyak 20 buah piano yang dibeli bersama dengan staf khusus, yang harus memuji-mujinya di depan umum sebagai pianis handal saat mengetes piano yang akan dia beli tersebut.

 

  1. Mobil Mewah Sampai Ratusan Biji

Sebagaimana orang kaya lain, mengoleksi mobil mewah adalah keharusan. Pun demikian Kim Jong Un, terlebih sejak umur tujuh tahun dia sudah diperbolehkan untuk mengendarai mobilnya sendiri, hingga dewasa dia menjadi pecinta mobil mewah. Total lebih dari 100 mobil mewah (didominasi Mercedez Benz) tersimpan rapi sebagai koleksinya yang berharga. Wah Raffi Ahmad lewat deh! Apalagi Hotman Paris Hutapea.

 

  1. Impor Sarapan-Makan Malam

Bisa dibilang Kim Jong Un alergi makanan lokal. Dia selalu menginginkan makanannya dari pagi ke pagi lagi memiliki kualitas terbaik dan harganya juga harus mahal. Makanan tersebut harus diimpor langsung dari negara penghasilnya, atau Kim Jong Un mogok makan. Kelakuannya sudah seperti bayi raksasa saja!

 

  1. 7 Juta Dollar untuk Sebuah Yacht

Untuk ke salon saja Kim Jong Un harus membuat yacht terlebih dahulu. Tak tanggung-tanggung, dia memberikan mandat pada Princess—produsen yacht terkemuka, untuk membangun yacht super mewah dengan anggaran 7 juta dollar Amerika. Princess sendiri sampai mengaku bahwa itu adalah yacht paling mewah yang pernah mereka bangun, lengkap dengan salon khusus untuk sang diktator muda. Setidaknya yacht ini sering Jong Un pakai untuk berlayar ke bagian barat daya negeri untuk mengecek kondisi masyarakatnya.

 

  1. Cuma Mau Anggur Impor

Catat, anggur di sini adalah minuman beralkohol dan bukan minuman sembarangan yang dia inginkan, melainkan hanya Wiski dan Cognac. Tentu saja bukan produk KW-KW, melainkan minuman keras dengan kualitas paling prima dari negara penghasilnya langsung.

 

  1. Resor Ski yang Sia-Sia

Niat awalnya sih mulia ya, untuk meningkatkan kehidupan industri pariwisata Korea. Tetapi mengingat Korea Utara adalah negara yang jarang sekali dituruni hujan salju, maka keinginan Kim Jong Un membangun resor ski kenamaan Korea Utara pun tak terwujud. Ujung-ujungnya resor ini ditutup dan hanya akan dibuka saat keluarga Kim Jong Un datang berkunjung. Iya, dialih-fungsikan menjadi resor ski pribadi milik sang pemimpin.

 

Itulah beberapa pemborosan yang dilakukan Kim Jong Un yang bikin elus dada. Cukup tahu apa yang akan terjadi jika sebuah negara dipimpin oleh orang nomor satu yang egois dan tak pedulikan rakyatnya.

Tags: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 shares