Liburan dari Hong Kong!

Jika ditanya habis liburan dari mana, lalu dijawab “Liburan dari Hong Kong!”, pasti kita bakal dikira sedang bergurau. Entah bagaimana awalnya jargon “dari Hong Kong!” dijadikan kondisi tidak serius untuk menjawab pertanyaan yang bikin kesal. Padahal Hong Kong termasuk kota yang asyik untuk tamasya. Ya, Hong Kong itu kota. Tepatnya, Daerah Administratif Khusus Hong Kong. Masih bagian dari Tiongkok.

Di Hong Kong ada Disneyland. Ini patut diletakkan di urutan pertama pada rencana liburan karena memang menjadi daya tarik utama Hong Kong. Taman bermain yang satu ini memiliki manajemen yang paling baik dan bikin pengunjung merasa puas setelah menikmati berbagai wahana yang ada di sana. Dari mulai tiket masuk yang imut-imut, greeting dari tokoh-tokoh Disney yang kece-kece, banyak souvenir bernuansa Disney yang super lucu dan tak akan ditemukan di mana pun. Semua bisa didapatkan di Disneyland Hong Kong. Siap-siap uang saku terkuras di sini. Belum lagi, ada wahana-wahana kece, live show, Stich Encounter dan masih banyak lagi yang menanti.

Namun, wisatawan harus hati-hati tatkala menginjakkan kaki di Hong Kong. Sebab di sini berlaku denda untuk wisatawan nakal. Hong Kong adalah salah satu negara yang disiplin, bahkan pada para wisatawan sekalipun. Ada banyak sekali tata tertib dan peraturan yang harus ditaati wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong. Misalnya saja untuk perokok, hanya diperbolehkan merokok di tempat umum, yakni dekat tempat sampah yang lengkap dengan asbak sebagai tempat membuang rokok. Ada pengawasan CCTV untuk merekam wisatawan yang buang sampah sembarangan. Bahkan pelanggar lampu merah dari golongan pejalan kaki juga bisa didenda ratusan dolar Hong Kong. Denda bagi wisatawan ini harus dibayar saat para wisatawan akan pulang, lewat pihak imigrasi.

Tapi, tenang. Kalau wisatawan tidak nakal, tidak ada yang berani nakal kepada wisatawan. Karena memang Hong Kong termasuk kota dengan tindak kriminalitas yang paling rendah. Kecil kemungkinan terkena tindakan kriminal saat berwisata ke Hong Kong. Sebab menurut catatan PBB tahun 2011 silam, Hong Kong tercatat sebagai kota yang kasus pembunuhannya paling rendah. Bahkan selama 20 tahun belakangan hanya terjadi pembunuhan sekitar 0,2-nya saja per 100.000 orang. Hal ini cukup melegakan wisatawan yang terkadang jadi sasaran empuk penjahat jalanan di negara-negara tujuan wisata di luaran sana.

Sudah begitu, Hong Kong bebas macet! Dengan populasi 7 juta jiwa dalam area seluas 1.104 kilometer persegi, alih-alih dibanjiri mobil yang memacetkan jalanan, kota Hong Kong malahan dibanjiri lautan manusia! Sebab dari 7 juta jiwa itu, hanya tercatat sekitar 710 kendaraan pribadi. Itu berarti warga Hong Kong lebih suka jalan kaki dibanding naik kendaraan pribadi. That’s mean less polution ya guys. Lebih sehat paru-paru kalau jalan-jalan ke Hongkong.

Budaya jalan kaki juga didukung dengan fasilitas transportasi umum kelas dunia. Di Hong Kong ada MTR Corporation yakni penerapan sistem kereta bawah tanah. Setiap jam sibuk selalu ramai dan padat, dari mulai kalangan bawah sampai kalangan atas menggunakan kereta tersebut tanpa berdesakan. Lingkungannya juga sangat bersih dan nyaman plus selalu tepat waktu. Ada juga Bandara Internasional Hong Kong yang sudah memenangkan setidaknya 40 penghargaan internasional sejak pembukaannya tahun 1998 silam. Hebatnya lagi Bandara Internasional Hong Kong ini pernah menyabet penghargaan dari Skytrax selama satu dekade berturut-turut.

Namun, apalah arti melancong ke luar negeri tanpa mencicipi santapan kulinernya? Nah, Hong Kong memiliki setidaknya 15000 restoran di berbagai wilayah. Setiap penjuru kota berdiri tempat makan yang terkenal seantero kota dan jadi idola wisatawan. Bukan cuma masakan khas Hong Kong dan negara oriental lainnya, makanan Western dan berbagai santapan lainnya juga bisa dengan mudah ditemukan di sini.

Hal unik lain, Hong Kong punya Ladies Market. Seperti namanya, pasar yang satu ini hanya menyediakan aneka macam perintilan kaum hawa. Setidaknya ada 100 toko pakaian, aneka aksesoris, dan macam-macam souvenir yang bisa ditawar sampai harga deal paling oke. Pasar Wanita yang berlokasi di Tung Choi Street ini menyediakan berbagai macam kebutuhan wanita dari ujung kaki sampai dengan ujung kepala. Juga bisa menemukan aneka perabotan rumah tangga yang cantik-cantik juga, lho!

Lalu ada Sneaker’s Market. Pecinta sepatu olahraga pastinya wajib sekali datang ke sini. Sebab Fa Yuen Street adalah sebuah tempat di mana anak muda Hong Kong mendesain, memproduksi dan mengenalkan sepatu mereka sejak tahun 1980an. Launching sepatu edisi terbaru dan juga terbatas dilakukan di sini. Berbagai merk sepatu kenamaan juga ikut bersaing bersama merk lokal.

Bukan cuma pasar wanita dan pasar sneaker saja, ada pasar barang antik, pasar bunga, bahkan pasar ikan mas. Semua tempat belanja tersebut bikin penggila belanja makin betah di Hongkong.

Tags: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 shares