Melly Goeslaw: Ratu Soundtrack Indonesia

Jika kita mendengar lagu Indonesia dengan nada-nada yang catchy, ditambah dengan lirik yang unik tetapi mengena, pastinya akan langsung bisa menebak siapa penciptanya. Ratu Soundtrack Indonesia, Melly Goeslaw. Julukan sebagai ratunya soundtrack Indonesia rasanya tak berlebihan jika disampirkan di bahunya, mengingat sepak terjangnya di dunia musik Indonesia yang tak main-main. Sejak pertama kali muncul sebagai penyanyi di awal tahun 90an, Melly Goeslaw bersama bandnya—Potret, memberikan warna baru di belantika musik Indonesia. Mereka membawa musik yang berwarna, dengan gaya yang nyeleneh dan lirik yang tak kalah unik. Tetapi keunikan mereka itulah yang justru tetap membuat mereka solid sampai saat ini. Walaupun bersama Potret sudah nyaris tak ada lagi projek bersama.

Melly Goeslaw adalah seorang putri tunggal dari pasangan Almh Ersi Sukaesih dan juga Alm Melky Goeslaw. Teh Melly—demikian ia akrab disapa, terlahir pada tanggal 7 Januari 1974 silam di Jakarta. Di usia matangnya yang sudah menginjak 43 tahun, wanita cantik bertangan dingin ini sudah menciptakan ratusan lagu hits yang tetap dikenang sampai saat ini. Dari mulai single-single Potret, lagu-lagu solo yang ia nyanyikan sendiri, lagu duet sampai dengan lagu-lagu soundtrack ciptaannya tak pernah gagal membuat pecinta musik terhipnotis.

Teh Melly yang menikah dengan Anto Hoed (menikah 1995–sekarang) telah dikaruniai dua orang anak lelaki. Bisa dibilang pasangan suami-istri musisi ini memiliki sense of humor yang lumayan. Lihat saja nama anak-anaknya yang unik, bahkan bisa dikategorikan lucu. Nama kedua putra mereka adalah Anakku Lelaki Hoed dan Pria Bernama Hoed. Keduanya juga memiliki bakat musik yang tak jauh berbeda dari kedua orangtuanya. Dari semua lagu yang sempat ia tulis dan nyanyikan, lagu duet berjudul “Jika” yang dinyanyikan duet bersama Ari Lasso merupakan salah satu lagu legend yang tetap saja dinikmati pecinta musik Indonesia sampai saat ini, kesuksesannya kemudian disusul dengan lagu “Menghitung Hari” untuk Krisdayanti, lagu tersebut pun menjadi lagu ikonik milik KD yang turut serta membawa nama Teh Melly semakin tinggi sebagai pencipta lagu hits.

Jangan lupakan juga lagu “Hati Yang Terpilih”, “Tegar”, “Ayat-Ayat Cinta”, “Atas Nama Cinta”, “Hey Ladies” yang dinyanyikan dengan suara seksi Rossa, lagu-lagu itu begitu klop dinyanyikan oleh Rossa dan membawanya ke puncak ketenaran. Selain itu, Teh Melly juga menciptakan lagu untuk penyanyi muda yang multitalenta Agnes Monica (sekarang Agnez Mo) dan langsung mendapat sambutan yang sangat hangat dari masyarakat. Soundtrack Pernikahan Dini yang dinyanyikan Agnes Monica juga cukup booming waktu itu.

Tak hanya penyanyi dalam negeri, Teh Melly bahkan juga menciptakan dua buah lagu yang diperuntukkan untuk Datuk Siti Nurhaliza binti Tarudin dengan judul “Biarlah Rahasia” dan “Pastikan”, dimana keduanya dijadikan single dan ada di album dengan judul Transkripsi. Bahkan “Biarlah Rahasia” mendapatkan anugerah lagu terbaik pada Anugerah Planet Muzik pada tahun 2007.

Yang unik lagi dari Teh Melly yang pendiam dan selalu melampiaskan uneg-uneg lewat tulisan ini adalah, ia sama sekali buta not balok! Maka, adalah tugas sang suami untuk menulis notasi bagi ide-ide baru yang melompat dari kepalanya. Sempat vakum dari dunia musik selama 3 tahun untuk menyambut kelahiran putra sulungnya, ia lantas kembali dengan projek soundtrack di tahun 2002 dan sejak saat itu karirnya semakin melejit kencang. Sukses terus, Melly Goeslaw!

Tags: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 shares