Muammar Khadafi dan Fakta Menariknya

Sosok yang satu ini membuat heboh dunia beberapa tahun yang lalu. Terkenal sebagai seorang diktator dari Libya dengan segudang skandal serta kisah kekejamannya yang membuat miris. Ada beberapa kebijakan yang berhasil dilakukan oleh sosok yang terlahir dengan nama lengkap Muammar Mohammed Abu Minyar Gaddafi (juga dikenal sebagai Muammar Gaddafi, Muammar Qaddafi atau Muammar Khadafi) ini dan fakta-fakta tersebut diakui oleh masyarakat. Muammar Khadafi yang seorang tokoh revolusioner Libya ini adalah politisi ternama sekaligus juga presiden yang akhirnya tewas terbunuh di Sirte—kota kelahirannya, 20 Oktober 2011 silam.

 

Khadafi yang memiliki predikat sebagai tokoh kontroversial, berbahaya dan juga musuh utama negara Eropa dan Amerika Serikat ini memiliki beberapa fakta menarik yang berbeda dengan pemimpin lainnya di dunia. Simak penjelasanya berikut ini:

 

  1. Biaya Pendidikan dan Kesehatan Gratis

Terkenal sebagai pemimpin bertangan besi yang tak segan mengekang kebebasan warga untuk berpendapat, namun ada aturan wajib patuh dan dijalankan warga khususnya untuk pegawai pemerintahan supaya masyarakat Libya nyaman dapatkan fasilitas umum. Salah satunya adalah pembebasan biaya untuk kesehatan dan pendidikan. Kabarnya mengatakan bahwa program kesehatan yang ada di Libya adalah salah satu yang terbaik di daratan Timur Tengah dan Afrika. Kemudian jika ada warga yang ingin kuliah di luar negeri maka biaya pun ditanggung pemerintah Libya.

 

  1. Great Man-made River

Khadafi memiliki ide besar untuk memiliki saluran irigasi yang paling besar dan paling baik sedunia, dan mimpi serta ide yang dicetuskannya itu bukan omong kosong semata. Sebab akhirnya ia berhasil mewujudkan sistem irigasi ciptaannya yang kemudian dinyatakan sebagai proyek irigasi terbesar di seluruh dunia dengan julukan Great Man-made River. Tujuan utama pembangunan irigasi besar ini tak lain untuk memberikan pengairan yang layak ke berbagai negara di Timur Tengah yang rata-rata bermasalah dengan urusan air.

 

  1. Ada Hunian Gratis Bagi yang Mau Bertani

Memutuskan untuk tak terlalu bergantung pada negara lain untuk sumber makanan pokok dalam negeri mendorong Khadafi untuk menarik minat masyarakat supaya bertani. Iming-iming pemberian hadiah rumah gratis kepada siapapun warga Libya yang ingin membuka ladang sukses. Sebab tak cuma memberikan rumah, namun juga lahan, stok bibit gratis dan tak ada uang sewa sampai kapanpun.

 

  1. Bukannya Bayar Saat Persalinan, Malah Dapat Uang

Ibu hamil di Libya adalah perempuan yang beruntung. Sebab bukan cuma dapat perawatan gratis di seluruh negeri, tetapi ada hadiah juga dari pemerintah senilai USD 5000 atau sekitar Rp 66,7 juta lebih untuk sang ibu dan juga di jabang bayi yang baru saja dilahirkan.

 

  1. Fasilitas Listrik yang Gratis

Kita sering mendengar keluhan seputar listrik dan juga tarifnya, bukan cuma di Indonesia namun juga di belahan bumi manapun. Tetapi warga Libya tak perlu mengeluhkan hal itu saat mereka di bawah pimpinan Khadafi, sebab ia memiliki aturan khusus dimana biaya listrik dihapus, dan setiap warganya dipersilahkan untuk gunakan listrik sebagaimana kebutuhan masing-masing secara cuma-cuma alias gratis.

 

  1. BBM = Bahan Bakar Murah

Walau tak sampai digratiskan seperti listrik, ada peraturan yang dibuat khadafi untuk membuat harga bahan bakar jadi lebih murah dan semua masyarakat bisa membeli BBM dengan harga yang sangat murah. Di bawah kepemimpinan Khadafi, rupanya harga BBM disana tergolong flat dari tahun ke tahunnya, yakni hanya USD 0,14 atau sekitar Rp 1.869,84 per liternya.

 

  1. Tak Ada Ruang Untuk Pengemis atau Gelandangan

Tak ada pengemis atau gelandangan di masa pemerintahan Khadafi, sebab ada rumah tinggal bagi siapa saja warganya yang tak memiliki rumah dan itu diberikan cuma-cuma. Bahkan konon katanya jika ada warganya yang lulus sekolah dan belum bekerja, akan diberikan gaji standar sesuai tingkat pendidikan selama ia belum dapat pekerjaan.

 

  1. Hadiah Spesial Untuk Pengantin Baru

Pemberian hadiah spesial sebesar USD 60 ribu atau sekitar kurang lebih Rp 80,1 juta untuk modal berumah tangga bagi warga Libya yang akan menikah. Ini adalah hadiah dari pemerintah untuk pasangan yang menikah.

 

  1. Memiliki Respek Pada Penyebaran Islam

Walau dikabarkan Khadafi ini suka menangkap dan menghabisi pemuka Islam yang tak sealiran dengannya, namun minimnya bukti membuat berita itu menguap begitu saja. Khadafi malah membuat suatu lembaga khusus dengan nama World Islamic Call Society yang memiliki tujuan untuk membina generasi muda dan juga memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang membutuhkan materi.

 

  1. Say No to Ngutang

Berbeda dengan negara lain yang terbelit hutang ke negara yang lebih besar atau ke bank dunia. Tetapi beda dengan Libya yang justru memiliki tingkat kesejahteraan tinggi di Timur Tengah dan juga Afrika pada saat pimpinan Khadafi, menjadi salah satu negara yang tidak mempunyai hutang apapun ke pihak manapun.  Khadafi sejak awal memang tak akur dengan AS dan sekutunya, menolak kucuran dana dan juga  membuat banyak negara mencari-carinya sebab Libya kaya akan minyak mentah.

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 share