Para Jagoan di Star Wars

Seri Star Wars dimulai dari episode IV: A New Hope yang rilis di tahun 1977. Dari situlah diperkenalkan para karakter yang menjadi jagoan bagi penggemar fanatik dari film epik opera luar angkasa Amerika buatan George Lucas ini.

Cerita utama Star Wars adalah pihak kebaikan melawan pihak kejahatan. Berikut adalah karakter baik-baik yang melawan Darth Vader dan The Galactic Empire sejak episode IV:

Putri Leia Organa
Seorang wanita tangguh yang menjadi Pemimpin Aliansi Pemberontak. Dalam cerita, dia sering dijadikan sandera, namun dia bukan tipikal wanita yang berdiam diri menunggu untuk ditolong. Kadang dia juga ikut melawan dan berusaha membebaskan diri. Bahkan dia jago main tembak-tembakan.

Dialah yang memulai peperangan melawan Galactic Empire dengan mencuri rancangan stasiun Death Star. Gara-gara itu, Luke Skywalker sampai terseret konflik.

Luke Skywalker
Awalnya, Luke Skywalker hidup tenang bersama paman dan bibinya di Planet Tatooine. Namun, dalam hati, Luke menginginkan sesuatu yang lebih epik daripada kehidupannya saat itu. Kemudian, semua berubah ketika dia menemukan pesan SOS dari Putri Leia. Luke yang berjiwa pahlawan pun berusaha menolong putri tersebut. Kendati dia tidak tahu akan melawan sosok menyeramkan selevel Darth Vader.

Ternyata semua memang telah ditakdirkan. Sebelumnya Luke tidak tahu jika dirinya adalah anak dari seorang Jedi Master, Anakin Skywalker. Untunglah dia bertemu Obi-Wan Kenobi yang mengajarinya tentang Force. Obi-Wan pun mewariskan kepada Luke sebuah benda pusaka peninggalan sang ayah, yakni lightsaber.

Obi-Wan Kenobi
Seorang pensiunan Jedi yang pernah menjadi guru bagi Anakin Skywalker. Bahkan Darth Vader itu dulunya murid Obi-Wan Kenobi. Sayang, Darth Vader tergoda sisi gelap Force sehingga membutakan mata hatinya, lalu berubah menjadi penjahat tingkat galaksi.

Untuk membenahi kejahatan yang dilakukan muridnya, Obi-Wan Kenobi mengangkat Luke sebagai muridnya. Obi-Wan Kenobi mengharapkan Luke bisa menguasai Force dengan baik sehingga menjadi Jedi Master teladan. Namun, belum lulus Luke sebagai Jedi, Obi-Wan Kenobi keburu meninggal dunia dibunuh oleh Darth Vader.

Han Solo
Seorang penyelundup sinis yang disewa oleh Obi-Wan dan Luke untuk mengantar mereka ke Planet Aldeeran menunggang pesawatnya yang dinamai Millenium Falcon. Awalnya, Han Solo ragu-ragu untuk bergabung dengan Aliansi Pemberontak. Namun, di saat Luke butuh bantuan, Han Solo datang dengan gagah berani bersama Millenium Falcon. Kepiawaiannya dalam mengemudikan pesawat patut diacungi jempol. Berkali-kali dia berhasil meloloskan Millenium Falcon dari celaka.

Chewbacca
Seorang bangsa wookie berumur 300 tahun yang menjadi sidekick Han Solo. Walaupun ngomongnya tidak jelas, bahasa Chewie, begitulah Chewbacca disapa, bisa dimengerti oleh Han Solo. Chewie sangat setia dengan Han Solo. Ketika Han Solo ditangkap oleh anak buah Darth Vader, Chewie paling kencang menangis. Sungguh menyedihkan. Karena kita semua tidak tahu bahasanya.

C-3PO
Sebuah protokol droid yang bisa berbicara dengan enam juta bahasa. Kemampuannya berbicara digunakan secara berlebihan sehingga dia menjadi robot yang bawel. Putri Leia sampai harus menonaktifkan C-3PO supaya dia berhenti bicara ketika suasana sedang genting-gentingnya.

R2-D2
Sebuah droid yang membawa rancangan Death Star dan pesan rahasia untuk Obi-Wan dari Putri Leia. Kecerdikannya sering kali menyelamatkan Luke dkk. dari bahaya.

Itulah karakter-karakter dalam seri Star Wars yang patut diketahui sebelum masuk ke dunia Star Wars lebih dalam. Semua karakter baik-baik punya peranan masing-masing dalam aksi pemberontakan.

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 shares