Perjalanan Bisnis Agus Mulyono Membesarkan Kartunama.net

Cikal-bakal Kartunama.net adalah sebuah bisnis personalized data printing yang didirikan oleh Agus Mulyono dengan suka cita. Yakni layanan percetakan dengan keunggulan design yang bisa dipersonalisasi sepuas hati. Namun, karena salah sasaran, bisnis tersebut layu sebelum berkembang. Penyebabnya adalah target jualan yang hanya fokus kepada agensi dengan harapan agensi-agensi tersebut bisa menjual ke klien-klien mereka. Tapi ternyata berujung zonk. Memang, berharap kepada sesama manusia seringkali berbuah kekecewaan.

 

Dari sisi human resource, beberapa karyawan dengan skill tinggi digaji dengan nominal di atas rata-rata untuk mengoperasikan software yang agak rumit. Akhirnya, pada tahun 2006 tidak ada jalan lain bagi Agus Mulyono untuk melanjutkan bisnis tersebut. Keputusan yang berat untuk gulung tikar pun diambilnya demi fokus mencari bisnis baru yang lebih menjanjikan kemenangan.

 

Karena sudah terlanjur berkecimpung di dunia percetakan, Agus Mulyono melanjutkan bisnis di ranah percetakan, khususnya percetakan kartu nama. Kendati tanpa melakukan survey pasar atau konsultasi ke guru spritual macam Mbah Mijan, namun Agus yakin bahwa pasar untuk kartu nama akan selalu ada terutama di kota besar seperti Jakarta. Dari sinilah awal bisnis kartu nama milik Agus menetas, dan salah satu langkah awal yang diambil oleh Agus untuk berjualan adalah dengan menggunakan promosi via email, door-to-door secara daring.

 

Alhasil, Agus pun dipaksa untuk menjaring sebanyak-banyaknya alamat email yang kemudian bisa dikirimi promosi layanan Kartunama.net. Agus repot-repot ikut banyak mailing-list disambi mengoleksi email dari member yang menggunakan email kantor (bukan email gratis). Kemudian tiap dua minggu Agus blast email penawaran ke mereka secara manual. Tidak hanya bergerilya via daring, Agus dan anak buahnya juga blusukan dengan membagikan kartu nama perusahaannya di sepanjang jalur koridor 1 TransJakarta. Menurut Agus, daerah basah tersebut sering dilewati pekerja kantoran di sekitaran Thamrin – Blok M.

 

Setahun berlalu dengan dilalui berjualan via email dan offline, Agus lanjut ke tahap berikutnya, berinvestasi di sebuah website sebagai sarana promosi layanan miliknya. Cukup dengan biaya 500 ribu untuk membuat website menggunakan WordPress. Voila! Google memainkan sihirnya, dari situlah mulai datang rentetan pesanan. Didukung nama domain yang cukup catchy, bisnis ini lumayan tertolong dari sisi SEO (Search Engine Optimization) yang mendatangkan banyak pesanan sehingga membuat sibuk karyawan.

 

Kini, Kartunama.net bisa dibilang salah satu layanan populer untuk mencetak kartu nama. Pelanggannya pun beragam, mulai dari perusahaan kecil, perusahaan besar sampai perusahaan yang tidak besar-besar amat. Salah satu kekuatan terbesar milik Kartunama.net adalah kecepatan dan fleksibilitas pemesanan. Pelanggan bisa mengunggah design sendiri demi kepuasan batin. Tapi apabila tidak mau repot, cukup menggunakan template yang sudah disediakan oleh Kartunama.net untuk melakukan pemesanan. Pilih design, lengkapi informasi kartunama, lakukan pembayaran dan kartu nama akan langsung dikirim tanpa basa-basi. Pelanggan cukup duduk anteng di kursi.

 

Kini tantangan yang dihadapi Kartunama.net adalah scalling up. Menjaga kualitas cetak, mempercepat proses dari order sampai delivery dengan tetap mempertahankan operating cost rendah. Semua proses tersebut dioperasikan dengan 5 orang karyawan saja. Namun, mempertahankan SDM juga lumayan krusial. Agus selalu menghimbau karyawan untuk check dan recheck pekerjaan, selalu mencari cara agar order selesai lebih cepat.

 

Perjalanan bisnis Agus Mulyono bersama Kartunama.net memuat banyak pelajaran. Usaha awal Agus sempat layu sebelum berkembang, lalu evaluasi diri, kemudian bangkit kembali dengan gemilang. Sebelum kebangkitan tersebut, Agus Mulyono sudah menyadari dirinya bisa melejit dengan meneruskan bisnis yang sejak awal digelutinya. Bedanya, Agus jeli melihat peluang dan fokus ke satu produk saja. Kemudian ada kemauan untuk memulai dari nol lagi. Ketika sudah dapat celahnya, Kartunama.net masuk ke daftar teratas pencarian google dengan sihir bernama SEO.

 

Kartunama.net akan terus berjuang demi menunaikan visi: “Semua orang bisa cetak kartu nama dengan gampang di kartunama.net. Dari Nias sampai Merauke.”

 

Setiap Selasa, tim Ilmu.com akan membahas cerita menarik tentang perusahaan berbasis digital, aplikasi, web dan teknologi sejenisnya.

Kami namakan rubrik ini: Selasa Dot Com Selamat Menikmati!

Kami percaya bahwa impian tanpa eksekusi, hanyalah mimpi siang bolong yang tak akan menghasilkan apapun. Dan semua impian online anda dapat dimulai dari CekDomain.com dimana anda dapat mencari dan membeli dot com anda sendiri!

Seperti biasa, jika anda ingin menambahkan cerita dotcom yang layak untuk kami tulis, jangan sungkan berkomentar! Terima kasih

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

64 shares