Raja Ampat: Wisata Lokal Berkelas Internasional

Ada banyak sekali lokasi wisata favorit yang ada di dalam dan luar negeri. Namun kebanyakan pasangan muda yang baru menikah akan memilih tempat wisata di luar negeri untuk berbulan madu. Apalagi mereka yang memiliki bujet yang leluasa untuk pergi keluar negeri. Lantas bagaimana dengan yang bujetnya terbatas tetapi ingin juga menikmati bulan madu yang menyenangkan dan mengesankan?

Raja Ampat adalah salah satu lokasi yang sangat direkomendasikan. Raja Ampat adalah destinasi wisata yang berkelas luar negeri. Bisa dikatakan wisata Raja Ampat adalah luar negerinya Indonesia, tak perlu siapkan paspor dan visa, kita sudah bisa touch down di sana. Tempat wisata yang satu ini memang sangat populer akan keindahannya, bukan cuma dalam negeri saja yang melek keindahannya, bahkan wisatawan luar negeri juga sudah mulai berduyun-duyun untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Bukan hanya menawarkan panorama yang indah saja, rupanya masih banyak juga keunggulan yang dimiliki Raja Ampat. Nah, yang menjadi salah satu keunggulan dari Raja Ampat tak lain adalah salah satu spot diving atau snorkeling terbaik di dunia. Disini pecinta snorkeling akan dimanjakan dengan keindahan alam bawah laut yang begitu elok. Dengan flora fauna unik dan juga lengkap, ditambah dengan kawasan terumbu karang yang jauh lebih elok dibandingkan dengan spot diving lainnya, maka potensi tempat ini untuk menjadi surga wisata sangatlah besar. Perlu diketahui bahwa perairan Raja Ampat rupanya juga menyimpan spesies ikan setidaknya sebanyak 1000 spesies, ada juga 700 spesies moluska dan juga ada 545 spesies tipe karang keras.

Selain itu Raja Ampat juga mempunyai gugusan karang yang jumlahnya terbesar serta paling lengkap di seluruh Indonesia. Panoramanya di daratan seakan berpadu satu dengan keelokan gugusan karang yang memiliki jumlah terlengkap di Nusantara, yaitu sekitar 75% jenis spesies karangnya. Bahkan menurut penelitian yang lebih lanjut, setidaknya seribu spesies ikan karang dengan 700-an spesies tipe moluska juga 545 spesies tips karang keras dengan terumbu karang mencapai 90 persen ada di perairan Raja Ampat. Ciamik!

Raja Ampat juga memiliki peninggalan sejarah yang sangat menarik. Bukan cuma spot menyelamnya yang memabukkan atas keindahannya, disini kita juga bisa melihat seberapa banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah yang tersisa masa lampau. Misalnya saja seperti Pegunungan Misool, adanya cap tangan manusia purba yang tercetak pada dinding-dinding batu karang yang berada di dekat air pantai Raja Ampat. Perlu diketahui bahwa usia dari cap tangan tersebut mencapai 50 ribu tahun! Dan saat ini cap tangan tersebut menjadi sebuah petunjuk penting untuk menjelaskan mengenai bagaimana manusia bisa tersebar dari ujung barat Indonesia sampai dengan Melanesia dan Papua. Nah, bahkan jika kita berkunjung ke spot penyelaman di Pulau Wai, maka kita bisa temukan bangkai kapal laut dan juga pesawat perang yang tersisa dari perang dunia kedua.

Berbagai atraksi unik juga ditawarkan disini. Misalnya saja seperti atraksi unik Suling Tambur dan juga adanya festival bahari atau maritime di pusat kota Waisai. Kita bisa habiskan waktu bersantai sambil menikmati kebudayaan warisan leluhur yang sarat pesan dan makna. Spesial untuk yang suka berfoto atau selfi-selfie, Raja Ampat juga menawarkan objek alam yang sangat cocok untuk digunakan berfoto sebagai kenang-kenangan. Salah satu lokasi foto yang paling eksotik di Raja Ampat misalnya saja Pulau Pensil dimana karang-karangnya tumbuh lancip dan sangat mirip dengan sebuah pensil, ada juga pantai Jam, Olobi dan juga pantai Teteruga.

Tags: , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 shares