Robin: Deretan Sidekick Sang Kestaria Kegelapan

Robin adalah sebuah peran bergilir. Itu artinya semua orang bisa menjadi Robin. Tugas Robin adalah mendampingi Batman membasmi kejahatan di Gotham City. Setidaknya, ketika diundang di resepsi pernikahan warga Gotham, Batman tidak datang sendiri ke kondangan. Batman menggandeng Robin.

Pada cerita di komik, setidaknya ada empat lelaki yang sudah menjadi Robin, sidekick sang kesatria kegelapan.

Richard “Dick” Grayson

“Panggil aku Dick!” Mungkin itulah permintaan pertama Richard Grayson kepada Bruce Wayne. Asal-usul Dick adalah anak dari pasangan pemain sirkus John dan Mary Grayson. Kebetulan nasib Dick mirip dengan Bruce Wayne: kedua orang tuanya tewas di tangan kriminal. Setelah menjadi yatim-piatu, Dick tinggal di panti asuhan. Kemudian Bruce Wayne yang kaya raya mengadopsi Dick sebagai anak angkat.

Suatu hari, Dick menguntit Batman yang saat itu sedang mengusut kasus pembunuhan John dan Mary Grayson. Di saat itulah Dick mengetahui sebuah fakta unik bahwa Batman adalah Bruce Wayne yang tak lain adalah ayah angkatnya sendiri. Dick yang terkejut, malah mengikuti jejak sang ayah angkat dengan menjadi penegak keadilan. Ternyata latar belakang keputusan Dick tersebut adalah dendam kesumat atas kematian orang tuanya.

Dick adalah Robin yang sempat punya kelompok sendiri, yaitu Teen Titans. Dia seakan tak mau kalah dengan sang ayah adopsi yang mendirikan Justice League. Namun, Dick akhirnya melepas topeng Robin, lalu menjadi superhero mandiri bernama Nightwing yang bertugas di kota berbeda dengan Batman. Ibarat anak magang yang sudah dilepas oleh pembimbing untuk mulai menekuni dunia profesional.

Jason Todd

Jason Todd adalah Robin yang kasar dan tak kenal ampun. Awal pertemuannya dengan Batman pun terbilang konyol. Jason yang tipikal anak berandalan, tertangkap basah sedang berusaha mencuri ban Batmobile. Namun Batman malah melihat potensi anak muda ini sebab tidak semua orang kepikiran nyolong ban Batmobile. Lalu Batman mengangkatnya sebagai Robin kedua.

Naas, karena tipuan jahat The Joker, Jason terbunuh. Namun Jason bisa bangkit dari kematian dengan kolam keabadian. Setelah itu Jason malah berubah menjadi pribadi yang sedikit gila. Dia sampai mengganti nama alias baru, Red Hood, lalu berusaha membalas dendam kepada  Joker, bahkan Batman juga kena.

Timothy “Tim” Drake

Dengan analisis kasar, Tim bisa menyimpulkan jika Bruce Wayne dan anak angkatnya, Dick, adalah Batman dan Robin.  Sebab Tim mengikuti semua berita tentang sepasang pahlawan super tersebut. Sampai akhirnya, Tim menawarkan diri sebagai Robin yang baru, menggantikan Dick dan Jason yang telah menjadi alumni.

Setelah berkarya bersama Batman selama beberapa saat, Tim pun gantung jubah Robin, demi bermetamorfosis menjadi Red Robin. Lalu dia memimpin Teen Titans.

Damian Wayne

Damian Wayne adalah anak biologis dari Bruce Wayne dan Talia Al Ghul. Damian dibesarkan dan dilatih oleh League of Assassins, juga sang ibunda. Hal itu menjadikan Damian sebagai orang paling berbahaya di dunia, meski usianya masih belia. Damian yang ambisius dan punya kepercayaan diri tinggi, pernah menantang Drake untuk duel. Hal ini dilakukannya demi merebut posisi Robin. Supaya Damian bisa memerangi kejahatan di bawah lindungan sang ayah.

Damian adalah Robin termuda, sekaligus paling nakal. Tapi Damian mewarisi darah Batman, jadi tak heran jika dia sangat brutal dan sama ditakutinya sebagaimana sang ayah.

Nah, itulah Robin-Robin yang wajib diketahui oleh penggemar Batman.

Tags: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 share