The Maze Runner: Para Pelari di Labirin

The Maze Runner adalah sebuah film thriller aksi distopia fiksi ilmiah asal Amerika yang rilis pada tahun 2014. Film ini disutradarai oleh Wes Ball, sementara ceritanya berdasarkan novel yang ditulis James Dashner. Dengan genrenya yang demikian, The Maze Runner bisa disejajarkan dengan The Hunger Games dan Divergent.

Cerita dimulai ketika seorang anak bernama Thomas terdampar di Glade. Glade adalah area di tengah labirin tempat para remaja lelaki bingung yang berkumpul. Mereka disebut Gladers. Masih misteri mengapa mereka bisa tiba-tiba ada di sana dalam kondisi hilang ingatan. Tidak diketahui pula tujuan mereka ditempatkan di sana. Sama-sama dilanda kebingungan, maka para penghuni Glade pun kompak membangun komunitas dah bahu-membahu dalam kehidupan sosial.

Thomas yang punya rasa penasaran tinggi pun mulai melakukan perubahan untuk mendobrak anggapan lama para seniornya di Glade. Thomas berambisi mengajak teman-temannya di Glade untuk mencari jalan keluar dari labirin. Maka, dimulailah petualangan para pelari di labirin.
Inilah karakter-karakter yang cukup menonjol dalam film The Maze Runner.

Thomas
Dialah Dylanku Tahun 2014. Ya nama pemeran Thomas adalah Dylan O’Brien. Thomas adalah tokoh utama yang namanya diambil dari ilmuwan Thomas Edison. Thomas yang menggerakkan cerita dan menginspirasi karakter lainnya untuk berani berlari keluar dari labirin. Dialah lelaki terakhir yang dikirim melalui lift yang disebut Box. Setiap bulannya memang ada anak baru yang dikirim, nah, Thomas adalah yang terakhir. Sebab anak yang muncul selanjutnya berjenis kelamin perempuan.

Teresa
Dialah satu-satunya perempuan yang terdampar di Glade. Sebab seorang gadis memang tidak pernah dikirim sebelumnya. Teresa datang sehari setelah kedatangan Thomas dan remaja putri ini datang membawa pesan, “yang terakhir dari yang pernah ada”. Sayangnya, setelah tiba, Teresa langsung koma.

Alby
Namanya diambil dari nama Albert Einstein. Dialah orang pertama yang datang di Glade. Bisa dibayangkan kengeriannya seminggu sendirian di tempat misterius seperti itu. Tak heran jika dirinya diangkat menjadi pemimpin oleh para Gladers.

Minho
Minho berperawakan seperti artis drama Korea. Posisinya di struktur organisasi Glade adalah penjaga para runner. Tugas runner sendiri adalah menjelajahi, memetakan dan memecahkan misteri menuju jalan keluar labirin. Minho jugalah yang merekomendasikan Thomas menjadi runner baru.

Newt
Namanya diambil dari nama ilmuwan Sir Isaac Newton. Newt adalah wakil Alby. Bisa dibilang Newt adalah orang kedua di Glade. Newt cukup baik dan mempercayai Thomas.

Gally
Namanya terinspirasi dari Galileo. Dialah musuh pertama Thomas di Glade. Dia selalu bikin rusuh dan mencurigai Thomas, kendati Thomas adalah pembawa kabar gembira dan penyampai kebenaran.

Chuck
Meski namanya Charles, dia dipanggil Chuck. Charles sendiri diambil dari nama Charles Darwin. Chuck adalah teman pertama Thomas di Glade dan otomatis menjadi sahabat baik Thomas. Chuck merupakan anak termuda di Glade.

Di dalam labirin, ada sesosok makhluk mekanik raksasa menyeramkan bernama Griever yang berkeliaran di malam hari. Inilah yang menjadi ancaman bagi para Gladers. Grievers hobi menyengat orang dan setiap orang yang disengat akan mengingat kenangan dari masa lalu. Tantangan lainnya, setiap harinya, jalan dalam labirin berubah-ubah, cukup membuat runner pusing tujuh keliling.

Yang mengharukan dari cerita The Maze Runner adalah romantisme dalam persahabatan yang kental. Contohnya, setiap teman yang tewas, diukirkan namanya di atas batu, untuk mengenang mereka yang telah mendahului.

Tags: , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

30 shares