Thor: Superhero yang Diangkat dari Mitologi

Thor adalah superhero yang muncul dalam di buku-buku komik Amerika terbitan Marvel Comics. Karakter tersebut terinspirasi dari dewa mitologi Norwegia dengan nama yang sama. Sesosok dewa petir putra Odin. Senjata andalannya adalah Mjolnir,  sebuah palu yang memberikannya kemampuan terbang dan mengendalikan cuaca.

 

Pertama kali muncul dalam komik Journey into Mystery #83 (Agustus 1962). Ceritanya ditulis oleh Stan Lee dan Larry Lieber, lalu ilustrasi ditangani oleh Jack Kirby. Untuk adaptasi film, aktor yang dipercaya memerankan karakter Thor sejak pertama muncul di Marvel Cinematic Universe adalah Chris Hemsworth. Chris memang cukup worth menjelma menjadi dewa berambut gondrong yang terkesan ke mana-mana bawa gorden dan menenteng cobek ibunya.

 

Sudah banyak judul film yang dilalui Chris sebagai Thor dalam deretan film MCU, sebutlah ThorThe AvengersThor: The Dark WorldAvengers: Age of Ultron dan yang menjadi pamungkas kisah Asgard, Thor: Ragnarok. Serta masih akan kembali beraksi pada Avengers: Infinity War (2018) dan sebuah sekuel yang belum diketahui judulnya tapi sudah direncanakan tayang pada tahun 2019.

 

Thor adalah pegulat tangan kosong yang luar biasa. Dia terampil dalam pertempuran bersenjata, mahir dalam penggunaan palu, gada, pedang dan kapak. Dengan memutar Mjolnir, Thor dapat terbang pada kecepatan supersonik di atmosfer Bumi, lalu melakukan perjalanan lebih cepat dari cahaya dalam ruang. Begitulah cara Thor bolak-balik PP Bumi-Asgard.

 

Di film pertama, Thor punya kekasih bernama Jane yang diperankan oleh Natalie Portman. Awalnya, Odin sang ayah mencabut kekuatan dewa dari diri Thor. Odin mengusir anaknya tersebut ke Bumi sebagai makhluk fana, ditemani oleh palu Mjolnir, yang dilindungi oleh pesona yang memungkinkan hanya yang layak untuk menggunakannya. Lalu Thor mendarat di New Mexico dan ditemukan oleh astrofisikawan Dr. Jane Foster bersama asistennya Darcy Lewis, dan sang mentor Dr. Erik Selvig. Dari pengasingan tersebut, cinta Thor dan Jane bersemi.

 

Namun, di Avengers: Age of Ultron, Thor mengaku dirinya dan Jane saling mencampakkan. Sejak itu, Jane memang tidak muncul lagi. Di Thor: Ragnarok, posisi Jane digantikan oleh Hulk alias Brunce Banner sebagai bromance dari Thor.

 

Yang selalu muncul di setiap film Thor adalah Loki. Hubungan Loki dan Thor seperti Tom & Jerry. Kadang akur, lebih seringnya berantem. Thor terkesan sebagai kakak yang serius dan bertanggung-jawab. Sementara Loki adalah adik yang nakal dan suka iseng. Tapi keisengan Loki bukanlah iseng yang lucu. Pernah sekali Loki iseng bikin Bumi hampir saja dikuasai alien jahat. Untungnya, Avengers datang menyelamatkan.

 

Sebenarnya Loki bukan saudara kandung Thor. Loki adalah anak biologis Laufey, diadopsi oleh Odin. Laufey sendiri adalah pemimpin Frost Giants dari Jotunheim yang sempat berperang melawan Odin sang raja Asgard. Setelah perang usai, Loki diangkat anak oleh Odin. Ketika mengetahui dirinya hanyalah anak pungut, Loki sempat merencanakan pemberontakan. Loki mengundang ayah kandungnya, yakni Laufey untuk membunuh ayah angkatnya, Odin yang saat itu sedang letih jatuh ke dalam “Odinsleep” untuk memulihkan kekuatannya.

 

Di film Thor: Ragnarok, baru diketahui Thor punya saudara kandung bernama Hela. Namun, fakta ini sengaja ditutup-tutupi oleh Odin sebab termasuk aib keluarga. Odin malu punya anak perempuan yang mendapat julukan Dewi Kematian. Hela punya hasrat membunuh yang tidak bisa dibendung lagi. Ketika bangkit kembali, Hela berambisi menggenapi ramalan tentang kiamat Asgard.

Setiap Senin, tim Ilmu.com akan membahas tentang SuperHeroes di dunia fiksi, dari sejarah superhero(es) tersebut, sampai hobi, nama ibu kandung (kaya bank aja..), pencipta/pengarang. Dan Semua yang berhubungan dengan SuperHero(es).

Kami namakan rubrik ini: Senin SuperHeroes. Selamat Menikmati!

[PENTING] Jika ada saran, kritik, komen, ataupun kamu mau menambahkan atau mengusulkan superhero(es) yang layak untuk ditulis di rubrik Senin SuperHeroes, jangan sungkan untuk berkomentar atau menghubungi kami ya! Terima Kasih.

Tags: , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 shares