Triad: Bukan Band Ahmad Dhani

Setiap negara besar memiliki geng penjahat kelas kakap masing-masing, misalnya Yakuza dari Jepang dan Mafianya Italia. Triad namanya, gangster dari Hongkong ini memang tidak seterkenal Yakuza dan Mafia Italia, akan tetapi urusan pengaruh rupanya jauh lebih bisa diandalkan dibanding Yakuza sekalipun. Saat Yakuza hanya berkonsentrasi di Jepang saja, Triad justru sudah membangun jarigannya ke seluruh dunia, Tiongkok, Taiwan, Hongkong, bahkan Malaysia pun sudah termasuk ke dalam jaringannya. Hebatnya lagi, New York dan Las Vegas juga mulai menjadi lokasi operasi mereka, bahkan belakangna ini Triad juga terendus di Italia.

1. Triad Adalah Organisasi Mafia Tertua
Siapa yang sangka ternyata Triad sudah terbentuk sejak tahun 1760 silam. Jadi terbentuknya organisasi ini awalnya terfokus untuk mengkudeta kekasiaran Manchu di Dinasti Qing, tapi akhirnya organisasi yang awalnya bernama Tian Di Hui ini akhirnya berubah haluan, dari yang bersifat patriotis akhirnya menjadi sebuah organisasi pemberontak yang sangat gila. Mereka berlindung di balik alasan karena tidak dilibatkan dalam berbagai hal-hal penting yang terjadi setelah Dinasti Qing berhasil ditumbangkan. Bahkan mereka sangat tegus untuk mempertahankan sikap buruk mereka ini sampai berabad lamanya sampai menjadi Triad yang kita kenal saat ini.

2. Triad Terbagi Menjadi Banyak Cabang yang Bergerak Mandiri
Triad bergerak sebagai sebuah hirarki yang terpecah, jadi Triad adalah sebuah induk dengan cabang-cabang yang mematikan di seluruh dunia, setidaknya tersebut ada empat cabang yang ditakuti yaitu Wo Hop To, Wo Shing Wo, Sun Yee On, 14K, dan juga Luen. Sekalipun semua cabang Triad ini berbasis di Hongkong, akan tetapi aksi kriminal mereka sudah mampu menghebohkan seluruh penjuru bumi. Dari semua anakan Triad ini memiliki member masing-masing dan yang paling banyak adalah Sun Yee On dimana jumlah anggota mereka sampai 55 ribu lebih. Walaupun mereka adalah cabang, tetapi rupanya mereka juga memiliki cabang sendiri, ada sub grup lainnya yang memegang tugas masing-masing untuk meluluskan tujuan kriminal mereka.

3. Jadi Anggota Tak Cuma Berbekal Niat Jahat Saja
Triad ini adalah organisasi kriminal yang besar, akan tetapi tak cukup cuma bermodal niat jahat saja untuk jadi anggotanya, sebab ada begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi seseorang untuk menjadi Triad. Salah satunya tak takut mati. Mereka harus siap untuk mati kapan saja. Selain itu juga ada sumpah setia khusus yang tak bisa dilanggar, kalau sampai sumpah tersebut dilanggar maka konsekuensinya adalah nyawa yang harus melayang. Untuk sumpah setia tersebut, setidaknya 36 pasal yang rumit harus mereka lakukan dengan benar dan tepat. Contohnya adalah memperlakukan anggota lain tanpa batasan, layaknya keluarga masing-masing, tidak melakukan konspirasi untuk menipu sesama anggota, juga akan membantu sesama anggotanya saat ada yang tertangkap oleh polisi.

4. Triad Pernah Akrab dengan Korea Utara
Bukan cuma kriminal terorganisir, sejarahnya Triad juga tercatat sempat melakukan kerjasama dengan beberapa negara adidaya, tentu saja dalam bidang kejahatan juga. Contohnya saja adalah kerjasama mereka dengan negara yang dimusuhi semua penduduk—bahkan penduduk di negara itu sendiri, yakni Korea Utara. Seperti yang telah dilansir dari New York Times, ternyata Triad ini pernah membantu Korut untuk memalsukan dan sekaligus menyebarkan uang Dollar palsu pecahan $100, dengan nilai yang tak terbatas ke seluruh bumi, maka karena inilah AS sampai mendesain uang pecahan $100 yang baru demi menghentikan aksi tersebut.

5. Triad Melakukan Kriminal yang Nyata Tapi Polisi Tak Kuasa
Sudah menjadi rahasia umum apabila Polisi seakan tak memiliki daya dan upaya untuk memberantas kejahatan besar yang terstruktur seperti ini. Ancaman nyata Triad di depan mata, tetapi polisi agaknya tenang-tenang saja. Rupanya ada dua alasan yang membuat hal tersebut terjadi, yang pertama adalah Triad sudah memiliki komplotannya sendiri di badan kepolisian, kedua karena Triad sudah terlalu kuat dan besar sehingga tak ada yang mampu menghancurkannya di dunia ini. Walau begitu, tetap ada polisi baik yang berusaha menginvestigasi Triad, tetapi semuanya sia-sia saja karena Triad yang begitu untouchable.

Inilah fakta Triad, organisasi kriminal yang mungkin bisa dibilang paling gila di dunia karena mereka menyebar banyak sekali di negara-negara besar. Sangat mengerikan melihat apa yang mereka lakukan, sayangnya, meskipun sangat nyata eksistensinya, hampir-hampir tak ada yang mampu meringkus geng besar ini. Hal tersebut adalah bukti jika kekuatan Triad memang gila.

Tags: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares