[Tutorial Lengkap] Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.com

WordPress dipercaya 28% pembuat situs di dunia maya.

Siapa yang tidak kenal dengan platform blogging gratis: WordPress. WordPress.com merupakan salah satu layanan blog gratis yang paling populer, walaupun ada alternatif layanan platform blogging gratis lainnya, seperti Blogspot dari Google, dan Tumblr dari Yahoo. Namun tak dapat di pungkiri, platform WordPress merupakan platform yang paling powerful dan paling banyak digunakan, terbukti karena dipercaya oleh lebih dari 75juta situs (hampir 28% dari seluruh situs dunia maya). Seperti dilansir oleh CodeinWp .

Mulai blogging di WordPress.com

Jika anda sudah matang ingin memulai blogging dengan platform WordPress, jangan ke mana-mana karena artikel ini akan membahas cara membuat blog di WordPress.com secara lengkap.

  • Oke, langsung saja pertama copy alamat URL ini: www.wordpress.com ke peramban Anda atau langsung klik tautan ini. Begitu sampai di halaman depan WordPress.com klik Buat Situs Web.

cara membuat blog di wordpress gratisan

  • Isi formulir pendaftaran ini terlebih dahulu, di bagian Alamat Blog isikan dengan nama blog yang Anda inginkan. Bebas, boleh berupa tema yang akan Anda tulis atau nama Anda sekalipun. Terakhir di bagian paling bawah klik Buat Blog.

cara membuat blog di wordpress gratisan

  • Sebelum melanjutkan langkah di bawah ini, buka tab baru dan login ke alamat email yang Anda pergunakan untuk mendaftar, kemudian lakukan konfirmasi di pesan baru dari WordPress.com terkait pendaftaran barusan.
  • Setelah melakukan konfirmasi, sekarang kembali ke tab sebelumnya dan isi judul blog dan deskripsi singkat serta bahasa utama yang Anda inginkan untuk interface dashboard dan sebagainya. Jika sudah klik Langkah Berikutnya.

cara membuat blog di wordpress gratisan

  • Di sini Anda diminta untuk memilih tema sebagai tampilan utama blog, scroll untuk pilihan lainnya. Klik yang kira-kira cocok kemudian klik Langkah Berikutnya.

cara membuat blog di wordpress gratisan_4

  • Berikutnya Anda boleh langsung menyesuaikan desain dengan mengklik Sesuaikan atau nanti saja dengan mengklik Langkah Berikutnya

cara membuat blog di wordpress gratisan_5

  • Hubungkan blog ke akun jejaring sosial Anda jika Anda inginkan, jika tidak langsung saja ke Langkah Berikutnya.

cara membuat blog di wordpress gratisan

  • Selesai, Anda akan dihantarkan ke halaman posting. Tapi ini nanti dulu, jangan posting dulu! Menurut saya Anda lebih baik fokus ke pemahaman interface dan juga dashboard. Untuk itu klik saja Situs-situsku di menu sebelah kiri atas.

cara membuat blog di wordpress gratisan_7

  • Nah di halaman tersebut nanti akan ada lihat situs, admin WP, statistik dan lain-lain. Ini adalah panel utama WordPress.com, bukan panel blog. Di halaman ini nanti berkumpulnya semua blog jika koleksi blog Anda sudah lebih dari satu. Sekarang klik Admin WP, perlu saya informasikan bahwa Admin WP adalah pintu masuk ke dashboard utama blog yang baru saja Anda buat tadi.
  • Seperti ini bentuknya. Di sinilah Anda akan banyak menghabiskan waktu, apakah itu untuk menulis, memilih tema, membuat menu, mengatur widget, footer, dan sebagainya. Di sebelah kiri Anda ada berbagai menu yang dapat Anda akses, semuanya bertujuan untuk mengatur blog Anda. Coba kenali dan pahami satu per satu.

cara membuat blog di wordpress gratisan

  • Menu Post berisikan koleksi artikel yang pernah Anda tulis, termasuk di sub menu-nya nanti ada halaman untuk membuat artikel baru, kategori dan tags.

Sekarang blog Anda sudah jadi, artikel cara membuat blog WordPress.com ini pun praktis sudah selesai. Ke depan kita akan bahas hal-hal yang berkaitan dengan panel dashboard. Nantikan!

[PENTING] membedakan WordPress.com dan WordPress.org

Artikel di atas adalah tutorial untuk penggunaan layanan di WordPress.com seperti yang disebutkan pada poin tutorial pertama. Meski demikian, lingkungan WordPress sendiri memilik beberapa pembeda untuk penggunaan WordPress (.org) dan WordPress.com.

Untuk layanan gratis seperti tutorial yang dipaparkan di atas adalah menggunakan layanan WordPress.com yang memang menyediakan layanan blogging gratis. Alamat yang digunakan formatnya namablog.wordpress.com, kecuali menggunakan layanan langganan yang memiliki beberapa fasilitas berbeda (lihat screenshot kedua di artikel atau lebih lengkap link ini).

Sedangkan WordPress berbasis komunitas, non-profit serta open source. Dikembangkan dan didukung oleh berbagai orang dan pengguna dari berbagai wilayah. Proyek ini ada di bawah naungan WordPress Foundation. WordPress.org biasanya identik dengan layanan self-hosted, kita bisa mengunduh platform publishing-nya dan ditempatkan ke situs kita sendiri. Salah satu contohnya adalah situs Trenologi milik Dailysocial. Nama domain dan hosting umumnya diurus sendiri.

WordPress.org dikembangkan secara non profit dengan semangat open source dan ada di bawah WordPress Foundation, sedangkan Automattic merupakan perusahaan yang mengembangkan WordPress.com dan beberapa layanan lain yang tersedia free atau berbayar, serta juga menjadi pendukung dari pengembangan WordPress.org.

Matt Mullenweg, selain sebagai co-founder WordPress juga adalah director dari WordPress Foundation dan juga adalah CEO Automattic.

Penjelasan ini semoga bisa menjadi informasi tambahan untuk membedakan antara WordPress (.org) dan WordPress.com yang memang dua entitas berbeda.

Artikel diatas merupakan penulisan ulang dari artikel yang sudah ada tentang Cara membuat blog gratis di WordPress.com di Dailysocail.id. Dan sudah diberikan ijin oleh pihak Dailysocial.

Tags: , ,

Related Posts

by
Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 shares