Yakuza dan Fakta Uniknya

Yakuza. Ketika mendengar kata itu, terbayanglah sindikat kejahatan asal Jepang yang super sangar. Dengan para anggotanya yang tatoan tapi tak pakai narkoba. Tapi juga tidak nyanyi lagu rap. Sebab Yakuza berbeda dengan Young Lex.

Tato adalah salah satu ciri yang ikonik dari Yakuza. Ibarat Rhoma Irama dengan gitar buntungnya. Umumnya, tato yang dipilih anggota Yakuza adalah gambar naga, pegunungan dan perempuan. Kombinasi ketiganya juga keren: perempuan naik naga terbang di atas gunung.

Anggota Yakuza menggunakan metode tradisional Jepang untuk membuat semua tato di sekujur tubuhnya, dikenal sebagai irezumi. Tato ini menjadi tanda keberanian, salah satunya untuk melawan rasa sakit atas metode pembuatan tato tradisional yang luar biasa sakitnya itu. Sakitnya dari skala digigit semut sampai digigit kucing, kurang-lebih sama dengan digigit kucing tapi pakai dikunyah-kunyah segala.

Uniknya lagi, ternyata tato ala-ala Yakuza ini digandrungi masyarakat biasa juga. Mungkin pemakaian tato oleh non-Yakuza ini agar mendapat potongan gratis di pangkas rambut seperti di film Kungfu Hustle. Saking populernya gegayaan pakai tato Yakuza ini, walikota Osaka sampai melarang pekerja negerinya menggunakan tato. Ada banyak cara untuk menegakkan larangan itu, dari mulai menghapus tato dengan laser, dipaksa resign dari kantor atau wiraswasta saja. Kalau di Indonesia, mungkin disuruh jadi youtuber dan bikin video klip bersama stand up comedian dan gamer ganteng. Mengikuti karir Young Lex.

Huruf kanji Irezumi – Ire yang artinya menusuk, dan zumi yang artinya warna biru, yah itulah tato, ditusuk dengan cairan biru.

Layaknya perusahaan, Yakuza juga punya kantor, anggota dan aturan main. Menjadi anggota Yakuza juga punya ‘tangga karir’, sudah seperti orang kantoran saja. Bedanya, anggota Yakuza punya struktur kepemimpinan yang kompleks. Untuk menanjak ke puncak kekuasaan, anggota mesti melalui banyak tahapan. Bayangkan saja rintangan di Benteng Takeshi versi tidak bercanda.

Anggota baru Yakuza tidak luput dari perpeloncoan. Beda istilah saja, bukan ospek atau MOS, tapi namanya sakazukigoto. Bahkan untuk masuk ke dalam sindikat kejahatan terorganisir ini saja harus lulus tes tulis. Tidak sembarang main masuk-masuk saja dengan menyebutkan seberapa kuat seorang calon anggota seperti salah satu adegan di diskotik Bikini Bottom pada kartun Spongebob.

Tes tertulis pada ujian masuk Yakuza bisa sebanyak 12 halaman. Biasanya berupa soal yang menyinggung isu ekonomi kekinian di Jepang secara keseluruhan. Topiknya dimulai dari isu limbah industri sampai curanmor. Hal ini membuktikan jika mafia pun tidak mengandalkan fisik menyeramkan saja, tapi juga pakai otak. Sebab Yakuza menjadi barometer perekonomian di Jepang. Jadi, anggota Yakuza dituntut harus cerdas layaknya ekonom lulusan STIE terpandang.

Ketegasan lain dalam aturan Yakuza yang mendesak anggotanya untuk selalu tampil trengginas adalah yubitsume. Anggota Yakuza yang tidak becus kerja wajib potong jari. Jari ya. Bukan gaji. Pemotongan pertama dari bagian badan adalah jari kelingking bagian kiri. Tak heran jika banyak anggota Yakuza yang terkenal di kalangan masyarakat berkat jari buntung bekas dipotong.

Jepang, Sep 1993 – Seorang pria Anggota Yakuza memamerkan jarinya yang di potong, tanda loyalitas dan pangkat (karena banyak salah berarti banyak melakukan perkerjaan besar) kepada perkumpulan Yakuza

Namun, biar sangar-sangar begitu, Yakuza juga punya kepedulian sosial yang cukup. Buktinya saat tsunami Jepang pada tahun 2011, Yakuza termasuk organisasi yang pertama tiba di lokasi dan dengan cepat memberikan bantuan kepada korban tsunami. Kemudian saat gempa menerjang Kobe, yaitu kota terbesar kelima di Jepang, tanpa ragu Yakuza juga menggunakan sepeda motor, banyak kapal boat, bahkan helikopter untuk mengirimkan bantuan. Walaupun sudah care begitu, kebaikan Yakuza tersebut tetap saja menuai banyak nyinyiran. Jangankan Yakuza, orang biasa saja ketika berbuat baik dengan niat baik belum tentu dianggap baik.

Baca Juga: Batman menjadi salesman panci, dan jika kaya dan tinggal di Thailand dijuluki Bhatman.

Fakta unik lain tentang Yakuza adalah sokaiya. Bisa juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘sok kaya’. Sebab istilah ini dipakai untuk suap skala besar yang dijalankan oleh Yakuza. Modus yang biasa dilakukan adalah Yakuza akan membeli saham satu perusahaan dalam skala besar yang membuatnya mendapatkan kursi dan bisa mengikuti pertemuan yang dihadiri oleh para pemilik saham. Selanjutnya mereka juga akan melakukan segala cara untuk bisa mempengaruhi kepemimpinan perusahaan. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh mereka adalah meminta uang atau bahkan mengancam akan mempermalukan pimpinan perusahaan itu di dalam pertemuan antara petinggi. Hebatnya lagi taktik Yakuza ini membuahkan hasil. Ada lagi modus lain, seperti Yakuza yang mengadakan turnamen olahraga dan kontes kecantikan, tetapi memasarkan tiketnya dengan harga super mahal dan diberikan khusus pada korbannya melalui blackmail, biasanya dibarengi dengan ancaman khusus sehingga perusahaan-perusahaan besar itu mau tak mau akan membayar untuk tiket yang tak ingin mereka hadiri. Susah deh kalau sudah berurusan dengan mafia Jepang. Biar tidak jadi target kejahatan Yakuza, jangan sok kaya!

 

Setiap hari Rabu tim ilmu.com akan membahas hal-hal yang jarang mau dibahas khalayak umum. Kami sebut rubrik ini – Rabu Tabu. Menurut Wikipedia, berikut adalah definisi tabu: Tabu atau pantangan adalah suatu pelarangan sosial yang kuat terhadap kata, benda, tindakan, atau orang yang dianggap tidak diinginkan oleh suatu kelompok, budaya, atau masyarakat.

Nantikanlah tulisan asyik yang akan menemani dan menambah wawasan anda setiap hari Rabu ini.

Jangan sungkan untuk bertanya, mengkritik, berkomentar, atau sekedar Say Hi! di kolom komentar ya!

Tags: , , , , ,

Related Posts

by
Previous Post Next Post

Comments

  1. Reply

    Kalau di tempat saya tatto tulisan Jagal.
    Pas dibuka lengan bajunya..
    JagaLah kebersihan.
    Itulah kota Yakuzakarta
    Kota Pelajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 shares